Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Turnamen Tenis Veteran Sering Digelar Dibanding Level Junior

Jumat 23 Maret 2018 06:48 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Endro Yuwanto

Tenis. Ilustrasi

Tenis. Ilustrasi

Foto: BBC
Turnamen-turnamen tenis veteran biasanya diikuti nama-nama petenis top nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Turnamen tenis veteran belakangan banyak terselenggara. Jumlah turnamen untuk veteran di Indonesia tampak lebih sering terselenggara dibanding turnamen-turnamen untuk junior maupun senior.

Ketua Panitia Turnamen Tenis Beregu Veteran Wali Kota Cup 2018 di Kota Yogyakarta, Rizal Pahlewi Yuniarto, membenarkan pandangan tersebut. Bahkan, ia mengatakan, turnamen veteran hampir ada setiap bulan.

"Kalau turnamen veteran itu hampir tiap bulan ada," kata Rizal saat ditemui di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (22/3).

Menurut Rizal, belum lama ini turnamen tenis veteran sukses diselenggarakan di Kabupaten Karanganyar. Akhir pekan ini, 24-25 Maret 2018, giliran Kota Yogyakarta yang menjadi tuan rumah turnamen tenis veteran.

Setelah itu, rencananya dalam waktu dekat turnamen tenis veteran akan diselenggarakan pula di Kota Magelang, Kota Bandung, dan selanjutnya di DKI Jakarta. Karena itu, tidak heran bila tampak lebih banyak dibanding turnamen level junior dan senior.

Namun, Rizal menerangkan, kondisi itu lebih dikarenakan turnamen-turnamen yang dikelola Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti) Pusat harus sudah tertata sejak awal tahun. Itu berarti, tidak bisa diselenggarakan secara dadakan seperti tenis veteran. "Kami bisa mengajukan turnamen-turnamen tenis veteran masuk agenda itu, tapi mungkin butuh waktu satu tahun karena mungkin baru bisa digelar tahun depannya," ujar dia.

Terlebih, turnamen-turnamen tenis veteran biasanya diikuti nama-nama petenis top nasional. Wali Kota Cup 2018 di Kota Yogyakarta misalnya, ada nama-nama seperti langganan Piala Davis, Bonit Wiryawan dan Sulistyo Wibowo.

Namun, Ketua Pelti Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono berpendapat, kehadiran turnamen-turnamen veteran justru untuk memancing gairah tenis junior. Karena itu, setelah turnamen tenis veteran biasanya diadakan turnamen-turnamen kelompok umur lain. "Yang bergairah memang tenis veteran, tapi setelah ini kami usahakan ada turnamen-turnamen kelompok umur lain agar muncul bibit-bibit baru," jelas dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES