Ahad , 19 March 2017, 23:17 WIB

Denis Irwin dan David May Komentari Soal 'Pisang Rojo'

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Angga Indrawan
AP Photo/Alastair Grant
Marcos Rojo
Marcos Rojo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua legenda Manchester United (MU) Denis Irwin serta David May bicara soal bek Iblis Merah Marcos Rojo dan pisang yang dilahapnya. Irwin dan May yang semasa bermain juga berposisi sebagai pemain belakang ini memaklumi aksi yang dilakukan Rojo pada laga kontra Rostov, Jumat (17/3).

Menurut Irwin, bermain sebagai bek sangatlah melelahkan. Apalagi jika jadwal pertandingan amat padat dalam satu bulan. Bek kiri MU saat treble winners 1999 silam ini pun menilai, Rojo kemungkinan mengincar asupan gula yang ada dalam pisang.

Sehingga, pemain 26 tahun itu tak sungkan memakan pisang meski sambil berlari mengejar bola. "Ada delapan laga dalam sebulan dan April pun akan sangat padat, Rojo kelelahan saat itu jadi mungkin dia ingin kadar gula dalam pisang demi menjaga stamina," kata Irwin saat jumpa pers dengan media Indonesia di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (19/3).

Reaksi berbeda ditunjukkan oleh May. Pelapis Jaap Stam dan Gary Neville saat di MU ini tampak kaget dengan pertanyaan soal 'Pisang Rojo' yang kala itu diajukan Republika. "Waw, saya belum melihatnya. Dia memakan pisang saat sedang bermain di lapangan?. Mungkin itu wajar untuknya," kata May yang pernah berkarier di MU dari 1994 sampai 2003 ini.

May mengatakan, dalam dunia sepak bola aksi Rojo memang sangat langka. Dia berujar, kebiasaan melahap pisang tidak jadi kepercayaan yang umum bagi pesepak bola di Eropa.

Akan tetapi, kata dia, meyakini khasiat pisang sebagai penghasil energi bukanlah sesuatu yang salah. "Pemain tenis banyak yang memakan pisang saat istirahat pada tengah pertandingan, jadi saya pikir itu wajar," kata dia.