Senin , 20 March 2017, 23:33 WIB

Dokumenter Hooligan Army yang Membuat Suporter Rusia Marah

Rep: Lintar Satria/ Red: Budi Raharjo
AP/Tony Valdez
 Hooligans (ilustrasi)
Hooligans (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pendukung tim Spartak Moscow membentangkan spanduk balasan untuk kantor berita BBC. Pasalnya BBC membuat dokumenter Russia Hooligan Army yang di dalamnya ada peringatan bagi pendukung tim Inggirs karena akan menjadi target serangan di Piala Dunia 2018.

Spanduk tersebut bertulisakan "Blah Blah Channel". Spanduk ini dibentangkan selama pertandingan Spartak Moscow lawan Lokomotiv Moscow yang berakhir imbang 1-1.

"Seseorang jelas akan melakukan sesuatu, ini kayak 100 persen, dijamin 100 persen," kata pendukung Inggirs Denis pemimpin kelompok Orel Butchers dalam dokumenter tersebut, seperti yang dilansir dari espnfc.com, Senin (20/3).

Orel Butchers kelompok yang melakukan kekerasan di Marseille, Prancis, pada Piala Eropa 2016. "Ketika bersama keluarga, anak atau orang-orang terdekat Anda...jika Anda bersama seorang teman laki-laki Anda harus memperhitungkan Anda akan dipukul," kata Denis.

Dalam dokumenter tersebut juga diperlihatkan bentrokan antarsuporter pada Piala Eropa 2016. Bentrokan pendukung Rusia dengan Inggirs menyebabkan dua orang pendukung Inggris terluka parah.

Jaksa Marseille Brice Robin mengatakan ada 150 pendukung Rusia yang sudah terlatih dibelakang bentrokan tersebut.