Ahad , 30 April 2017, 00:39 WIB

Terungkap, Klub Eropa Favorit Kim Jong-un

Red: Andri Saubani
 Pemimpin Korut, Kim Jong-un saat menyaksikan uji coba peluncuran peluru kendali dari kapal selam.  (Reuters/KCNA)
Pemimpin Korut, Kim Jong-un saat menyaksikan uji coba peluncuran peluru kendali dari kapal selam. (Reuters/KCNA)

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA --Diktator Korea Utara (Korut), Kim Jong-un dikabarkan menjadi fan berat Cagliari atas alasan adanya pemain Korut, Kwang Song Han di tim itu. Demikian laporan Gazzetta dello Sport yang dilansir The Sun, Jumat (28/4). Kwang yang baru berusia 18 tahun telah melakukan debut bersama Cagliari pada laga lawan Palermo awal April. Laga itu menjadikannya pesepak bola pertama Korut yang bermain di liga top Italia.

Kwang juga menjadi pemain pertama Korut yang mencetak gol di Serie A. Gol pertamanya terjadi di kandang Torino yang dijaga Joe Hart. Kegemaran Kim Jong-un menonton Serie A terungkap setelah senator Italia, Antonio Razzi mengunjungi Korut belum lama ini. “Apakah dia (Jong-un) mengikuti sepak bola Italia? Tentu saja, dia tahu semua tentang Serie A dan NBA,” kata Razzi kepada Gazzetta dello Sport.

“Jika Juventus bisa bermain di stadion Pyongyang, yang merupakan stadion raksasa, stadion itu akan penuh,” kata Razzi. Diketahui, Razzi tengah merencanakan pertemuan dengan Kwang-Song Han untuk meneruskan pujian Kim Jong-un.

Kwang bergabung dengan akademi junior Cagliari pada 2015. Saat ini dia tengah berjuang menjadi bintang di antara pesepak bola elit di Eropa. Kwang sepertinya akan menjadi pemain kunci Cagliari menyusul penandatanganan kontrak yang membuatnya akan berada di Cagliari hingga 2022.