Senin , 21 Agustus 2017, 00:18 WIB

Tak Berbahasa Inggris Bukan Kendala Bagi Ezechiel di Persib

Rep: Febrian Fachri / Red: Ratna Puspita
Antara/Agus Bebeng
Striker baru Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel (tengah) berfoto bersama manajer Persib Bandung Umuh Muchtar (kiri) dan Komisaris Utama PT. PBB Zainuri Hasyim (kanan) di Graha Persib, Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/8).
Striker baru Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel (tengah) berfoto bersama manajer Persib Bandung Umuh Muchtar (kiri) dan Komisaris Utama PT. PBB Zainuri Hasyim (kanan) di Graha Persib, Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Agen Amougou Mathieu mengatakan salah satu kliennya yang baru saja direkrut Persib Bandung, Ezechiel Ndouassel, tidak mengalami masalah dalam berkomunikasi dengan tim. Sepuluh hari sejak berstatus pemain Maung Bandung, Ezechiel tidak mengeluh soal bahasa dalam komunikasi.

Bahasa yang dikuasai kapten Timnas Chad itu adalah bahasa Prancis. Ezechiel berkomunikasi berbahasa Prancis dengan Mathieu dan rekannya Michael Essien. Ketika berkomunikasi dengan anggota tim lain, Ezechiel berusaha memahami bahasa Inggris yang mereka ucapkan.

Mathieu mengakui pemain 29 itu tidak terlalu fasih mengucapkan bahasa Inggris. Namun Ezechiel bisa mengerti ketikka pelatih atau rekannya memberikan instruksi dan aba-aba dengan bahasa Inggris.

"Bahasa Inggris sedikit-sedikit dia (Ezechiel) mengerti. Walau dia susah mengucapkan. Tapi bahasa sepak bola itu universal. Tanpa berbicara pun sesama pemain dan pelatih bisa mengerti," kata Mathieu kepada Republika, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (20/8).

Mathieu optimistis dalam sebulan ke depan, komunikasi Ezechiel akan lancar. Mathieu menyebut  kliennya itu lebih mengutamakan menguasai bahasa Inggris  lebih dahulu disamping juga sedikit mempelajari bahasa Indonesia "Soal komunikasi ini harus pelan-pelan. Dalam satu bulan pasti beres," ujar Mathieu.

Pelatih sementara Persib Bandung Herrie Setyawan juga menilai Ezechiel cepat beradaptasi. “Dia banyak progres. Mudah-mudahan di laga berikutnya melawan Persipura, dia bisa lebih baik lagi," ujar Herrie. 

Ezechiel didatangkan Persib untuk menggantikan posisi Carlton Cole yanh kontraknya diputus pada pertengahan musim. Bekas  pemain Hapoel Tel Aviv dan Maccabi Tel Aviv itu sudah debut ketika Persib melawan tuan rumah Arema pekan lalu.

Saat Maung Bandung menjamu Persegres Gresik United, Ezechiel tampil pertama kalinya di laga kandang. Dia menjadi andalan di lini depan karena Persib sedang krisis penyerang. Sergio van Dijk masih cedera sejak awal musim. Tantan juga terkapar di ruang perawatan pasca melawan Arema. 

Dia pun membayar kepercayaan itu dengan memberikan gol debut untuk Maung Bandung. Selain sumbangsih satu gol, Ezechiel juga melepaskan tiga assist untuk kemenangan atas Gresik.