Selasa , 22 Agustus 2017, 17:15 WIB

Patrice Evra: Islam Agama yang Indah

Red: Karta Raharja Ucu
EPA/GUILLAUME HORCAJUELO
Patrice Evra
Patrice Evra

REPUBLIKA.CO.ID, Pemain bertahan Olympique de Marseille, Patrice Evra menanggapi serangan teroris di Kota Barcelona, Spanyol. Ia meminta para teroris berhenti membunuh orang-orang yang tidak bersalah.

Pernyataan itu disampaikan Evra dalam sebuah video di akun Instagram miliknya. Dalam video tersebut dia mengatakan kepada masyarakat tidak menyalahkan Islam dan kaum Muslim atas tindakan atau teror yang dilakukan terhadap warga sipil tidak berdosa. Ia juga menggambarkan Islam sebagai 'agama yang indah'.

"Saya tahu apa yang akan dikatakan orang sekarang (serangan teroris) --ini adalah Islam, ini adalah orang-orang Muslim-- Anda tidak tahu apa-apa tentang agama ini (Islam). Ini adalah agama yang indah."

"Saya hanya ingin mengatakan pendapat saya tentang apa yang terjadi saat ini dan tentang agama. Saya berbicara dalam enam bahasa, saya telah dibesarkan sebagai seorang Katolik, tapi saya juga ingin belajar tentang setiap agama, sama seperti saya ingin belajar banyak bahasa."

Ia bahkan mengaku sedang belajar tentang Islam. "Saya sedang belajar tentang Islam saat ini dan saya sedang membaca Alquran. Semakin saya tumbuh semakin saya mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, saya percaya kepada Tuhan, saya percaya kepada Yesus, jadi mengapa saya seharusnya tidak percaya kepada Nabi Muhammad?"

"Beberapa orang menggunakan agama untuk menciptakan perang atau membunuh orang-orang yang tidak bersalah di seluruh dunia. Beberapa orang dimanipulasi dengan pandangan terdistorsi tentang agama, beberapa pemimpin, beberapa media ingin menciptakan kebencian di seputar agama-agama tertentu. Jadi yang ingin saya katakan adalah, sebelum Anda menilai seseorang atau menilai sebuah agama belajar tentang hal itu."