Sabtu , 26 August 2017, 16:04 WIB

Ini Nasihat Essien untuk Bobotoh

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra
Michael Essien (kiri).
Michael Essien (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Marquee player Persib Bandung Michael Essien memberikan nasehat kepada Bobotoh yang ia nilai selalu setia untuk Maung Bandung. Bekas pemain Chelsea dan Real Madrid tersebut ingin Bobotoh selalu mengedepankan ketertiban setiap kali hadir di stadion menyaksikan pertandingan.

Essien merasa kurang nyaman jika Bobotoh terlibat keributan. "Bobotoh itu amazing (luar biasa). Mereka begitu cinta dan selalu mendukung. Tapi kadang berlebihan sampai berkelahi. Harusnya datang ke stadion untuk menikmati pertandingan. Saya tidak suka berkelahi," kata Essien, melalui video wawancara di Persib TV, Sabtu (26/8).

Essien begitu terkejut ketika kejadian adanya anggota bobotoh yang meninggal saat Persib lawan Persija Jakarta bulan lalu yakni Riko Andrean. Menurut pemain asal Ghana ini, adanya nyawa yang melayang di pertandingan sepak bola sangat berlebihan.

Harusnya, kata Essien, sepak bola membuat bahagia karena bagian dari olahraga dan hiburan masyarakat. "Mari kita nikmati sepak bola agar selalu lebih baik lagi. jangan berkelahi sampai ada yang meninggal," ujar Essien.