Rabu , 13 September 2017, 11:50 WIB

Viking Gelar Aksi Kumpulkan Koin untuk Bantu Rohingya

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Beetroid.
Suporter Persib Bandung, Viking.
Suporter Persib Bandung, Viking.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Aksi peragaan koreografi bertuliskan Save Rohingya oleh Bobotoh saat pertandingan Persib Bandung melawan Semen Padang pada Sabtu (9/9) akhir pekan kemarin sepertinya akan berbuntut panjang. Bobotoh terancam terkena sanksi karena aturan dari federasi sepak bola mulai dari FIFA sampai PSSI melarang adanya penyampaian pesan di luar urusan sepak bola saat pertandingan.

Menanggapi hal itu, salah satu pentolan Viking Dadan Gareng mengatakan pihaknya siap bertanggung jawab atas ancaman sanksi yang akan dijatuhkan kepada Panpel Persib. Dadan yang merupakan pengurus Viking Persib Club (VPC) mengatakan bobotoh dari berbagai komunitas berprinsip berani berbuat berani bertanggung jawab. Mereka akan melakukan aksi galang dana untuk membantu manajemen membayar denda apabila nantinya mendapat sanksi.

"Hukum harus ditegakkan. Kita berani berbuat berani bertanggung jawab. Kita akan lakukan aksi kumpulkan koin. Ada yang sudah mulai. Nanti dana yang terkumpul untuk bantu Rohingya dan sebagian untuk bantu bayar denda ke PSSI," kata Dadan kepada Republika, Rabu (13/9).

Dadan menyebut bobotoh dari berbagai komunitas sudah melakukan koordinasi tentang rencana pengumpulan dana. Selain itu, kata Dadan, dia juga baru saja bertemu dengan komunitas Spartak pendukung Semen Padang untuk ikut serta membantu aksi ini. Spartak kata Dadan ingin terlibat karena mereka juga hadir dan mendukunh aksi koreografi Save Rohingya kemarin.

"Saya semalam ketemu sama Spartak. mereka bilang mau ikut bantu karena bertepatan dengan laga melawan Semen Padang," ujar Dadan.

Dadan optmistis akan ada banyak dana yang terkumpul untuk membayar denda atas aksi simpatik ini. Karena bobotoh sudah punya pengalaman untuk melakukan aksi galang dana serupa beberapa tahun silam. Yaitu
sebelum Persib Bandung menjadi PT Persib Bandung Bermartabat, bobotoh menggalang dana untuk membantu proses keikutsertaan Maung Bandung ke kompetisi utama.

Ketika itu hasil galang dana ini mencapai angka ratusan juta. Dadan yakin akan banyak dukungan karena jutaan bobotoh yang setia untuk mendukung Persib. "Dulu juta pernah aksi ini. Ada dapat ratusan juta, saya lupa persis angkanya," kata Dadan menambahkan.