Rabu , 13 September 2017, 17:14 WIB

Shohei Didaulat Jadi Duta Persahabatan Indonesia-Jepang

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Mahmud Muhyidin
Pemain Persib Bandung Shohei Matsunaga (kiri).
Pemain Persib Bandung Shohei Matsunaga (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Gelandang serang Persib Bandung, Shohei Matsunaga baru saja didaulat sebagai duta persahabatan dua negara antara Indonesia dan Jepang. Pemain berjuluk Samurai Matsunaga itu diberi kepercayaan sebagai duta persahabatan Indonesia-Jepang pada penutupan acara Japan Matsuri Festival 2017 di Jakarta akhir pekan lalu.

"Saya sangat bangga karena terpilih menjadi duta persahabatan Indonesia-Jepang. Saya berharap kedua bangsa ini terus dapat sama-sama maju," kata Shohei di Mess Persib, Rabu (13/9).

Gelandang 27 tahun itu dipercaya sebagai salah satu duta persahabatan I I Indonesia-Jepang karena ia sudah terbilang lama berkarir di sepak bola tanah air. Lebih dari separuh masa karier Shohei dihabiskan di Liga Indonesia.

Hal itu membuatnya sudah banyak mengenal daerah, bahasa dan budaya Indonesia selain di Jawa Barat. Karena, ia hampir selalu ikut ke dalam tour Persib ke markas klub-klub Liga 1 lainnya.

Shohei pertama kali tiba di Indonesia pada 2011 lalu dan bergabung dengan Persib Bandung. Semusim setelah itu, ia sempat mengembara bersama Persiba Balikpapan dan Persegres Gresik United. Awal musim ini, bapak satu anak ini kembali ke pangkuan Maung Bandung.

Hampir tujuh tahun bermain di Liga Indonesia membuat Shohei sudah fasih berbahasa Indonesia. Shohei sudah menganggap Indonesia sebagai rumah keduanya setelah Jepang.

Lulusan akademi klub Jerman, Schalke 04 itu sangat menyukai keramahan orang Indonesia. "Di sini orangnya semua baik, mereka senang bercanda dan tertawa, menyengkan sekali, selalu bahagia," ujar Matsunaga.

Shohei merupakan salah satu pemain utama dalam lini serang Maung Bandung musim ini. Dari 23 pekan Liga 1 yang sudah berlalu, Shohei sudah tampil untuk 21 laga. Samurai Matsunaga sudah melesakkan tiga gol musim ini.