Kamis , 12 Oktober 2017, 09:39 WIB

Partai Ini akan Jadikan Buffon Menteri Olahraga

Red: Ratna Puspita
EPA-EFE/DANIEL DAL ZENNARO
Gianluigi Buffon.
Gianluigi Buffon.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN — Kapten Juventus dan tim nasional Italia Gianliuigi Buffon ditawari pekerjaan baru jika nanti dia pensiun dari sepak bola. Partai baru di Italia yang berencana mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2018, Rinascimento, menginginkan Buffon menjadi menteri olahraga. 

“Jika kami memenangkan pemilihan maka Buffon akan menjadi Menteri Olahraga Italia yang baru,” kata pemimpin Rinascimento, Vittorio Sgarbi, kepada Vanity Fair pada sebuah wawancara, dilansir dari Footbal Italia, Kamis (12/10). 

Sgarbi merupakan tokoh politik yang kerap berpindah partai politik sejak 1990. Sebelum mendirikan Rinascimento pada Februari tahun ini, dia juga pernah mendirikan partai politik yakni Liberal Sgarbi. Liberal Sgarbi yang didirikan pada 1999 bertahan hingga 2006. 

Sgarbi pun menjelaskan alasan ketertarikan dengan Buffon. Dia menyebutkan Buffon merupakan sosok yang memiliki keseimbangan. Dia mewakili tim nasional Italia dan segera mengakhiri kariernya di sepak bola musim depan. 

Menurut Sgarbi, Buffon juga tertarik dengan seni dan politik. “Dia menunjukkan ketertarikan dengan Rinascimento dan menulis kepada saya mengenai hal ini. Kami pergi bersama ke pameran seni di Trieste dan dia mengonfirmasi dukungannya,” kata dia. 

Buffon berencana pensiun akhir musim ini, ketika dia berusia 40 tahun. Dia sudah menyatakan tidak tertarik menjadi pelatih namun dia bisa menjadi dewan direksi di Juventus. Tawaran terjun ke politik juga bisa menjadi opsi bagi Buffon.