Jumat , 13 October 2017, 15:26 WIB

Mata Ajak Pemain di Liga Primer Donasikan Gaji untuk Amal

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Endro Yuwanto
Reuters/Jason Cairnduff
Juan Mata
Juan Mata

REPUBLIKA.CO.ID,  MANCHESTER -- Gelandang Manchester United (MU) Juan Mata mengajak para pemain di Liga Primer Inggris untuk bergabung dengannya dalam sebuah program donasi. Setiap pemain diharapkan menyumbangkan satu persen dari gajinya untuk kegiatan amal tersebut.

Sejauh ini, enam pemain telah bergabung dengan kegiatan amal gelandang timnas Spanyol itu. Namun, tidak ada pemain yang berasal dari tim papan atas liga Inggris dan tidak ada pemain Inggris di antara mereka.

Mata berharap beberapa rekan setimnya di skuat Iblis Merah juga akan segera tertarik untuk masuk dalam program amal tersebut. Ia mengatakan benar-benar yakin beberapa rekan satu timnya bisa bergabung dengannya dalam kegiatan itu.

"Saya hanya perlu melakukan percakapan lebih jauh dan memiliki percakapan yang lebih terperinci dengan mereka untuk mencoba dan menjelaskan kepada mereka apa yang sedang kmi lakukan," kata Mata dilansir dari BBC, Jumat (13/10).

Meski baru sedikit pemain yang ikut bergabung, Mata tak berkecil harapan. Menurutnya, itu hanya masalah waktu dan kesabaran. Pemain berusia 29 tahun ini dilaporkan memiliki penghasilan sebesar tujuh juta pound per tahun.

Mata bergabung dengan MU dari Chelsea dengan harga sebesar 37,1 juta pound pada 2014 lalu. "Saya yakin kami akan mendapatkan begitu banyak pemain yang berbeda dari seluruh dunia. Inggris, mudah-mudahan ada di pekan depan," ucapnya.

Bek Bayern Muenchen, Mats Hummels, adalah pesepak bola pertama yang mengajak Mata untuk mendonasikan sebesar satu persen dari upahnya untuk amal. Kegiatan sukarela bek asal Jerman itu kemudian diikuti oleh sejumlah pesepak bola. Mereka di antaranya, juara Piala Dunia Putri Amerika Serikat Megan Rapinoe dan Alex Morgan, pemain Juventus Giorgio Chiellini, dan pemain Stuttgart Dennis Aogo.


Berita Terkait