Sabtu , 21 Oktober 2017, 18:45 WIB

Usain Bolt akan Terjun ke Dunia Sepak Bola Tahun Depan

Rep: gilang akbar prambadi/ Red: Budi Raharjo
Reuters/David Gray
Usain Bolt
Usain Bolt

REPUBLIKA.CO.ID,MANCHESTER -- Legenda olahraga balap lari Usain Bolt menegaskan akan memulai karier baru di dunia sepak bola mulai tahun depan. Sosok yang dijuluki manusia tercepat di dunia atas rekor lari 100 meternya pada tahun 2009 ini menyebut sudah banyak klub meminati jasanya.

Namun, Bolt mengaku belum bisa bergabung dengan klub-klub tersebut karena ia masih membangun stamina tubuhnya. Mantan altet lari asal Jamaika ini mengatakan, ia belum bisa berlatih fisik dengan optimal karena sempat didera cedera bulan Agustus 2017.

"Saya sudah mengutarakan niatan untuk beralih profesi sebagai pesepak bola. Sejak saya mengatakan itu, banyak klub yang sudah membuka pintunya," kata Bolt kepada laman resmi FIFA, dikutip Sabtu (21/10).

Untuk memenuhi mimpinya, sosok 31 tahun ini siap untuk segera menyelesaikan tahapan pemulihannya. Bolt mengatakan, jika cedera hamstringnya sudah pulih total ia akan langsung menekuni sepak bola. "Target saya tahun 2018 sudah bisa memainkan laga profesional. Sekarang saya akan menyiapkan kondisi fisik sebaik mungkin," kata Bolt.

Bolt dikenal sebagai atlet berprestasi sebelum memutuskan pensiun bulan Agustus 2017. Delapan medali emas Olimpiade dan 11 gelar juara kompetisi dunia jadi sedikit bukti kehebatannya. Saat ini, ia memegang rekor dunia untuk nomor 100 meter dan 200 meter. Selama hidupnya, pemilik tinggai 1,95 meter ini sering mendeklarasikan diri sebagai fan dari klub raksasa Inggris, Manchester United.