Rabu , 22 November 2017, 00:47 WIB

Akhiri Dominasi Ibrahimovic, Ini Pemain Terbaik Swedia 2017

Rep: Gilang Akbar Prambadi / Red: Ratna Puspita
EPA-EFE/Jessica Gow
Andreas Granqvist (kiri)
Andreas Granqvist (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Dominasi Zlatan Ibrahimovic dalam meraih penghargaan pemain terbaik Swedia dalam 10 tahun terakhir harus terhenti tahun ini. Untuk pertama kalinya sejak 2007 , penghargaan pemain terbaik Swedia jatuh ke tangan orang selain Ibrahimovic.

Penghargaan pemain terbaik Swedia 2017 diraih oleh Andreas Granqvist. Namanya memang masih asing di kancah sepak bola Eropa. Dibanding Ibrahimovic, karier terbaik pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini adalah bisa berkarier di Seri A Italia bersama Genoa dan Liga Primer Inggris dengan Wigan Ahtletic.

"Ini penghargaan yang luar biasa. Saya sangat merasa terhormat menerima ini. Sebuah penghargaan individu terbaik yang pernah saya terima. Tapi ini bukan untuk saya, tapi untuk seluruh rekan setim di timnas," kata Granqvist dikutip dari ESPN, Selasa (21/11).

Saat ini, Granqvist berkiprah di Liga Primer Rusia bersama klub bernama Krasnodar. Meski pamornya sangat jauh bila dibandingkan Ibrahimovic, Granqvist adalah pahlawan Swedia.

Pemain 32 tahun ini mewujudkan hal yang tak bisa Ibrahimovic lakukan, yakni memimpin timnas Swedia ke Piala Dunia. Sejak jadi kapten tim sepeninggal Ibrahimovic 2016 silam, Granqvist bisa menjadi suksesor hebat.

Granqvist jadi komandan rekan-rekannya ketika memastikan tiket lolos ke Piala Dunia 2018 setelah menyingkirkan Italia dari fase play-off. Sedangkan di era Ibrahimovic yang jadi kapten timnas mulai 2012 silam, Swedia tak mampu lolos ke Piala Dunia sebelumnya tahun 2014 lalu.

 

 

 

Berita Terkait