Tuesday, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 January 2018

Tuesday, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 January 2018

Salah: 2017 Jadi Tahun yang Luar Biasa

Jumat 05 January 2018 10:42 WIB

Red: Ratna Puspita

Mohamed Salah ketika menerima penghargaan sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun 2017.

Mohamed Salah ketika menerima penghargaan sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun 2017.

Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN THOMPSON

REPUBLIKA.CO.ID, ACCRA — Pemain depan Mesir Mohamed Salah dinobatkan sebagai pemain Afrika terbaik tahun 2017 pada Kamis (4/1) waktu setempat. Penghargaan itu menunjukkan Salah tampil luar biasa bersama AS Roma pada paruh pertama 2017, Liverpool pada paruh kedua tahun lalu, dan tim nasional Mesir. 

"Ini mimpi yang menjadi kenyataan bagi kami, 2017 tahun yang luar biasa bagi saya bersama timnas Mesir dan klub-klub saya. Untuk bisa lolos ke Piala Dunia setelah 28 tahun dan memiliki musim hebat di Roma dan Liverpool merupakan moment besar bagi karir saya," kata Salah dilansir Reuters, Jumat (25/1). 

Salah menjadi Pemain Terbaik Afrika Tahun Ini mengungguli pemain satu timnya di Liverpool Sadio Mane dari Senegal dan striker Gabon Pierre-Emerick Aubameyang. Salah (25), mengumpulkan 625 suara lewat pemilihan yang dibuat pelatih dan para kapten ditambah seorang pejabat dan para wartawan. Mane yang berada di posisi kedua mengumpulkan 507 suara dan Aubameyang di urutan ketiga dengan 311.

Pierre-Emerick Aubameyang (kanan) asal Gabon, pesepak bola Mesir Mohamed Salah (kedua dari kanan) dan Sadio Mane (kiri) dari Senegal menerima penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2017 di Accra, Ghana, Kamis (4/1) waktu setempat. (EPA-EFE/CHRISTIAN THOMPSON)

Salah telah membantu Mesir meraih final Piala Afrika dan lolos ke Piala Dunia tahun ini. Dia juga membuat sebuah rekor Afrika dengan pindah ke Liverpool dan mencetak 23 gol di seluruh kompetisi untuk klub liga Inggris pada 2017.

Salah merupakan pemain Mesir kedua yang memenangi penghargaan tersebut setelah Mahmoud Al Khatib pada 1983.

Salah dan Mane langsung terbang ke Liverpool dengan pesawat jet carteran seusai acara penyerahan penghargaan tersebut pada Kamis waktu setempat. Kendati demikian, dia tetap bakal absen menghadapi Everton pada babak ketiga Piala FA, Jumat waktu setempat.

 

 

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES