Jumat , 17 March 2017, 09:50 WIB

Jermain Defoe Dipanggil Bela Inggris, Rooney Menepi

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Israr Itah
Reuters/Dylan Martinez
Jermain Defoe
Jermain Defoe

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Pelatih Inggris Gareth Southgate sudah mengumumkan daftar pemain yang akan memperkuat the Three Lions. Striker veteran asal Sunderland, Jermain Defoe kembali dipanggil. 

Sementara itu, kapten Wayne Rooney harus absen karena harus menjalani pemulihan cedera kaki. Sedangkan striker Tottenham, Harry Kane juga tidak bisa bermain karena cedera setelah melawan Millwall pada akhir pekan lalu. 

Southgate mengungkapkan dirinya memiliki alasan tersendiri mengapa memanggil pemain tua dan muda. “Anda dapat memiliki pemain muda yang lapar dan pemain lama yang haus juga,” tutur Southgate dikutip dari BBC, Jumat (17/3).

Defoe kini sudah berusia 34 tahun namun masih masuk dalam pertiimbangan Inggris untuk masuk dalam daftar skuatnya melawan Jerman pada Kamis (22/3). Pertandingan tersebut dilakukan sebelum kualifikasi Piala dunia melawan Lithuania di Wembley pada 26 Maret 2017. 

Selain nama Defoe, Inggris juga memanggil beberapa pemain lain untuk bergabung dengan skuat melawan Jerman. Sebut saja, duo Southampton Nathan Redmond dan James Ward-Prowse terpilih seperti striker Manchester United berusia 19 tahun Marcus Rashford.

Selanjutnya Gelandang West Brom, Jake Livermore yang membuat penampilan internasional tunggalnya melawan Italia pada 2012. Begitu juga dengan bek Burnley, Michael Keane dan West Ham masuk dalam daftar pemain Inggris. Southgate juga telah memanggil bek kiri Manchester United Luke Shaw, yang telah membuat dua penampilan sejak Desember lalu dan gelandang Everton, Ross Barkley.

Southgate mengatakan, saat ini tidak bisa hanya melihat pemain muda sepanjang waktu. Ia perlu mendapatkan hasil terbaik untuk saat ini dan juga merencanakan masa depan tim nasional Inggris selanjutnya. 

Skuat Inggris

Kiper: Fraser Forster (Southampton), Joe Hart (Torino), Tom Heaton (Burnley).

Bek: Ryan Bertrand (Southampton), Gary Cahill (Chelsea), Nathaniel Clyne (Liverpool), Phil Jones (Man Utd), Michael Keane (Burnley), Luke Shaw (Man Utd), Chris Smalling (Man Utd), John Stones (Man City), Kyle Walker (Tottenham).

Gelandang: Dele Alli (Tottenham), Michail Antonio (West Ham), Ross Barkley (Everton), Eric Dier (Tottenham), Adam Lallana (Liverpool), Jesse Lingard (Man Utd), Jake Livermore (West Brom), Alex Oxlade-Chamberlain (Arsenal), Nathan Redmond (Southampton), Raheem Sterling (Man City), James Ward-Prowse (Southampton).

Penyerang: Jermain Defoe (Sunderland), Marcus Rashford (Man Utd), Jamie Vardy (Leicester).