Jumat , 17 Maret 2017, 15:17 WIB

Southgate Cari Pengganti Wayne Rooney

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andri Saubani
REUTERS/Carl Recine
Gareth Southgate (kanan) dan Wayne Rooney dalam konferensi pers timnas Inggris, Senin (10/10).
Gareth Southgate (kanan) dan Wayne Rooney dalam konferensi pers timnas Inggris, Senin (10/10).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate memutuskan untuk tak memasukkan Wayne Rooney dalam skuatnya untuk menghadapi Jerman dan Lithuania. Keputusan tersebut diambil karena Rooney mengalami cedera sehingga tak mungkin bermain.

Dengan begitu, Southgate kemungkinan akan mencari kapten Inggris untuk kuatnya. Namun, tidak mungkin sembarangan. “Kapten yang sebenarnya adalah seseorang yang bisa menjadi pemimpin dalam pertandingan berikutnya, bukan?” kata Southgate dikutip dari Sky Sports, Jumat (17/3).

Southgate mengatakan, dirinya memilih tim untuk permainan. Untuk itu, seseorang yang bisa memimpin pertandingan tersebut merupakan kapten sesungguhnya. Dia mengatakan, dirinya sangat membutuhkan kelompok kepemimpinan untuk saat ini.  “Bagi saya adalah kuncinya bagaimana kita mengembangkan pemimpin yang lebih lagi,” tutur Southgate. Menurutnya yang paling terpenting dalam tim saat ini agar bisa mekuka segalanya dengan baik.

Dia mengakui, banyak yang sudah dilakukan Rooney selama ini untuk timnas Inggris. Dia menilai harus melihat Rooney sebagai nomor 10 yang memang menjadi peran utama nya. Tak hanya itu dia juga sudah melihat permainan Dele (Alli) dan Adam Lallana.

“Keduanya bermain sangat baik, mencetak dan membantu klub mereka. Ross Barkley telah bermain sangat baik untuk klubnya,” ungkap Southgate. Dia melihat selama ini juga ada kompetisi dari beberapa pemain yang sangat baik dan hal itu merupakan pertempuran untuk masuk skuat Inggris.