Selasa , 21 March 2017, 07:20 WIB

Kebiasaan Merokok Nainggolan Membuatnya tak Dipanggil Timnas Belgia

Rep: Agus Raharjo/ Red: Andri Saubani
EPA/CAROLINE BLUMBERG
Radja Nainggolan
Radja Nainggolan

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA—Gelandang AS Roma, Radja Nainggolan mengaku sangat kecewa karena tak masuk skuat Belgia pada laga internasional tengah pekan ini. Pelatih tim nasional Belgia, Roberto Martinez sudah berulang kali tak memasukkan nama Nainggolan pada skuatnya. Meskipun, saat melawan Yunani dan Rusia, pesepak bola berdarah Indonesia itu diturunkan.

Dilansir dari Football Italia, Martinez beralasan, kebiasaan merokok yang dilakukan Nainggolan menjadi penyebab pemain berusia 28 tahun itu tak dipanggil tim nasional Belgia. Pelatih asal Spanyol sudah melarang kebiasaan merokok Nainggolan. Namun, pemain berdarah Indonesia itu menolak untuk menghentikan kebiasaannya mengisap tembakau.

“Saya tidak malu karena saya merokok, dan saya tidak pernah menyembunyikan kebiasaan saya ini,” tegas Nainggolan pada wartawan di luar pusat pelatihan Belgia, dikutip Football Italia, Selasa (21/3). Nainggolan menuturkan dia sadar harus memberi contoh yang baik, terutama untuk anaknya sendiri.

Namun, dia beralasan, dirinya hanya pesepak bola yang sudah melakukan tugasnya. Bahkan, dia mengungkapkan bahwa semua orang mengetahui kebiasaannya merokok karena dia tidak menyembunyikan hal itu. “Saya kecewa tidak dipanggil setelah Piala Eropa yang sangat bagus,” tegas dia.

Pemain kunci Giallorosi ini mengatakan, dia hanya bersikap terbuka untuk mengungkapkan apa yang dia rasakan saat ini. Hal itulah yang membuat dia mengungkapkan kekecewaannya karena tidak dipanggil pelatih untuk membela tim nasional Belgia. “Pelatih harus punya alasan untuk tidak memanggil saya, tapi sekarang saya melihat ke depan,” kata dia.