Kamis , 27 April 2017, 08:07 WIB

Jumlah Peserta Copa America akan Naik Jadi 16 Tim

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
AP Photo/Julio Cortez
Alexis Sanchez mencium trofi pemain terbaik Copa America Centenario 2016.
Alexis Sanchez mencium trofi pemain terbaik Copa America Centenario 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, CILE – Copa Amerika menaikkan jumlah peserta tim yang akan ikut bertanding menjadi 16 tim. Konfederasi Sepak Bola Amerika Latin (CONMEBOL) juga menyatakan, turnamen kontinental Amerika Selatan tersebut akan digelar pada tahun 2019 di Brasil. “Dewan setuju tempatnya akan di Brasil dan jumlah ideal tim yang ikut 16," kata Alejandro Dominguez kepala CONMEBOL, Kamis (27/4).

Tahun lalu diperingatan seratus tahun turnamen ini bergulir juga memakai sistem 16 tim yang mengikut sertakan Amerika Serikat. Tradisi turnamen ini hanya 10 tim ditambah dua tim undangan dari Amerika Utara dan Tengah. "Dibicarakan juga tentang sudah waktunya untuk menyamakan jadwal dengan UEFA agar pemenang Copa Amerika bisa melawan pemenang Piala Eropa," kata Dominguez.

Pada Januari lalu Badan Sepakbola Dunia (FIFA) juga mengumumkan akan meningkatkan jumlah peserta Piala Dunia dari 32 tim menjadi 48 tim. Pegemukan ini mendapat kritik dari beberapa tim Eropa yang tidak mau kehilangan pemain terbaik mereka.

Sumber : Reuters