Kamis , 15 Juni 2017, 13:27 WIB

FFF Ingin Zidane Jadi Pelatih Timnas Prancis

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
EPA/CHEMA MOYA
Zinedine Zidane
Zinedine Zidane

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Kiprah pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane yang dalam dua musim ini meraih banyak trofi membuat federasi sepak bola Prancis ( FFF) kepincut. Presiden FFF Noel Le Graet mengatakan, anggota timnas Prancis saat juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 itu pun pasti punya hasrat melatih negaranya sendiri. "Sangat logis jika kami mengharapkannya dan Zidane pun pasti punya ketertarikan," kata Le Graet kepada radio RMC seperti dikutip dari Sportstarlive, Kamis (15/6).

Le Graet mengatakan, tidak mungkin FFF memalingkan muka dari pesona Zidane. Melihat deretan trofi yang sosok 44 tahun itu persembahkan untuk Madrid, FFF menurutnya yakin kini Zidane sudah jadi pelatih fantastis.

Le Graet merasa masih tak percaya dengan ukiran prestasi melimpah yang mampu Zidane lakukan sejak baru melatih awal tahun 2016 silam. Padahal, beberapa tahun lalu ia sempat mendorong dengan kuat agar Zidane melatih klub asal Prancis Bordeux sebagai pijakan awal.

Namun, ternyata Zidane bisa membuktikan mampu melatih klub sebesar Madrid dengan segala tekanannya. "Saya menyarankannya untuk segera melatih, tapi saya memintanya untuk memulai dari klub di Ligue 1 seperti Bordeux atau dimanapun klub-klub yang tak besar," kata Le Graet.

Meski berambisi membawa pulang Zidane, Le Graet melihat kehadiran pelatih muslim keturunan Aljazair itu belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. "Saya pikir Zidane masih ingin memberikan banyak untuk klubnya. Madrid pun memperlakukan Zidane dengan sangat baik," kata Le Graet.

Zidane baru terjun ke dunia pelatih profesional saat ditunjuk sebagai pengganti Rafael Benitez pada Januari 2016 silam. Meski belum genap dua tahun, Zidane sudah mempersembahkan satu trofi La Liga Spanyol, dua gelar juara Liga Champions, satu trofi Super Eropa dan satu gelar kampiun Piala Dunia antarklub.

Sumber : Center