Ahad , 18 June 2017, 00:18 WIB

Rusia Buka Piala Konfederasi dengan Kemenangan

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
AP Photo/Pavel Golovkin
Fyodor Smolov, pencetak gol Rusia ke gawang Selandia Baru pada laga Piala Konfederasi 2017.
Fyodor Smolov, pencetak gol Rusia ke gawang Selandia Baru pada laga Piala Konfederasi 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, SAINTPETERSBURG -- Tuan Rumah Rusia sukses memenangkan laga pembuka Piala Konfederasi 2017 melawan Selandia Baru dengan skor 2-0 di Stadion Saint Petersburg, Sabtu (17/6) malam WIB. Kemenangan Rusia ditentukan lewat gol bunuh diri bek Selandia Baru Michael Boxall pada menit ke-31 dan aksi striker Fyodor Smolov menit ke-69.

Atas kemenangan ini, Rusia sementara memimpin Grup A. Di grup ini, Rusia tergabung bersama Selandia Baru, Portugal, dan Meksiko. Portugal dan Meksiko baru akan berlaga pada Ahad (18/6) malam WIB.

Lahirnya gol pertama berawal dari peluang emas yang didapatkan Rusia. Pemain mereka Denis Glushakov mendapat umpan terobosan dari lini tengah.

Berhadapan dengan kiper lawan, Stefan Marinovic, Glushakov mampu melambungkan bola. Namun, si kulit bundar belum mau masuk ke dalam gawang. Ketika hendak menyontek bola, kaki Boxall lebih dulu menyambarnya. Gol pun terjadi tapi bukan atas nama Glushakov. FIFA mencatat, gol disahkan atas nama Boxall sebagai bunuh diri.

Usai gol tersebut, Selandia Baru yang coba memburu gol penyama kedudukan masih belum bisa mewujudkan tujuannya. Laga babak pertama pun selesai dengan skor 1-0 untuk Rusia.

Memasuki babak kedua, jalannya laga masih jadi milik pasukan Tirai Besi. Hasilnya, pada menit ke-69 striker Rusia Fyodor Smolov mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari serang bertubi-tubi, Rusia membuka peluang melalui sayap kanan. Bola silang mendatar dilepaskan ke muka gawang. Umpan ini sanggup disambut oleh Smolov yang berdiri bebas.

Tanpa kesulitan, pemain penuh tato ini mampu menyontek bola hingga masuk ke gawang yang sudah ditinggal oleh Marinovic. Hingga peluit akhir ditiupkan, Rusia sukses menjaga keunggulan dan menutup laga dengan skor 2-0.