Ahad , 18 June 2017, 04:46 WIB

Pelatih Rusia: Kami Menang Karena Dukungan Presiden Putin

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
REUTERS/Francois Lenoir
Stanislav Cherchesov
Stanislav Cherchesov

REPUBLIKA.CO.ID, SAINTPETERSBURG -- Tuan Rumah Rusia memulai langkah pada Piala Konfederasi 2017 dengan sempurna. Rusia menaklukkan wakil Oceania, Selandia Baru dengan skor 2-0 di Stadion Saint Petersburg, Sabtu (17/6) malam WIB.

Pada laga ini, skuat Sbornaja menang lewat gol bunuh diri bek Selandia Baru Michael Boxall pada menit ke-31 dan aksi striker Fyodor Smolov pada menit ke-69.

Menurut pelatih Stanislav Cherchesov kemenangan timnya tak lepas dari kehadiran pemimpin tertinggi Rusia, Vladimir Putin yang memberikan motivasi kepada pasukannya di stadion. Cherchesov mengatakan, motivasi dari Putin jadi dorongan semangat bagi pemain Rusia sehingga bisa menang dengan meyakinkan atas juara Oseania 2016 itu.

"Saat presiden negara kami datang dan memberikan dukungannya, itu membuat para pemain begitu termotivasi, di lain sisi, itu juga memberikan kami tanggung jawab," ujarnya dikutip dari laman resmi FIFA, Ahad (18/6).

Pelatih 53 tahun ini mengatakan, pasukannya bermain sesuai rencana. Ia pun yakin timnya akan bermain sama baiknya ketika nanti melawan Portugal pada laga kedua penyisihan Grup A, dua hari mendatang.

"Kami senang atas kemenangan ini, melawan Portugal nanti kami akan lebih berkerja keras lagi, terima kasih kepada presiden," kata dia.

Pada laga tersebut, Putin membuka gelaran Piala Konfederasi 2017. Sepanjang laga, Putin duduk berdampingan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino.

"Selamat datang di Rusia untuk Anda sekalian. Mari kita saksikan sepak bola di sini," kata Putin.

Atas kemenangan ini, Rusia sementara memimpin Grup A. Di grup tersebut, Rusia tergabung bersama Selandia Baru, Portugal, dan Meksiko. Portugal dan Meksiko baru akan berlaga pada Ahad (18/6) malam WIB.