Senin , 19 Juni 2017, 04:25 WIB

Kalahkan Kamerun, Cile Puncaki Klasemen Grup B

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Dwi Murdaningsih
futebolciade
Kamerun vs Chile
Kamerun vs Chile

REPUBLIKA.CO.ID, OTKRYTIYE -- Timnas Cile berhasil mendulang tiga angka saat melawan Kamerun pada laga perdana Grup A Piala Konfederasi yang digelar di Stadion Otkrytiye, Senin (19/6) dini hari WIB. Dua gol telat La Roja diciptakan oleh Arturo Vidal pada menit ke-82 dan Eduardo Vargas menit ke-90.

Meski tampil dominan dari menit awal skuat Juan Antonio Pizzi baru mampu mencetak gol pada menit-menit akhir babak kedua melalui dua pemain pengganti Arturo Vidal dan Eduardo Vargas. Untuk sementara kemenangan 2-0 tersebut menjadikan Cile sebagai penguasa Grup B Piala Konfederasi di atas Jerman dan Australia yang baru akan memainkan pertandingan malam nanti.

Secara keseluruhan La Roja mencatat 62 persen penguasaan bola dan empat tembakan ke arah gawang dari 16 percobaan. Adapun Kamerun hanya berhasil melepaskan satu tendangan ke arah gawang dari delapan usaha. Usaha Cile untuk merobek jala lawan pada interval pertama nyatanya tak membuahkan hasil, hingga turun minum skor kacamata masih bertahan.

Peruntungan Cile terjadi setelah Alexis Sanchez masuk menggantikan Edson Puch pada menit ke-58. Ini menjadi penampilan ke-111 buat penyerang Arsenal itu bersama timnas. Keputusan pelatih sangat tepat, masuknya Sanchez mendongkrak semangaat permainan juara bertahan Copa America tersebut. Dirinya berkali-kali mengirimkan umpan matang ke dalam kotak penalti Kamerun.

Daya magis Sanchez pun berhasil membuat pendukung Cile bergemuruh. Bola silang eks pemain Barcelona dan Udinese itu dikonveksikan menjadi gol oleh tadukan Arturo Vidal yang tak mampu diantisipasi kiper Fabrice Ondoa.

Berada satu grup dengan tim-tim unggulan, Cile berhasrat memulai turnamen dengan hasil positif. Pertandingan melawan Kamerun ini, meski tidak mudah, harus mereka optimalkan demi persaingan yang lebih baik dengan para rival, terutama Jerman.

Tekad tersebut kembali ditunjukan pada penghujung laga, Sanchez kembali menjadi dalang terhadap gol kedua Cile. Dia sempat mengelabui Ondoa sebelum melepaskan tembakan yang dihalau oleh bek Kamerun. Bola liar lantas disambar Eduard Vargas dan menutup jalannya pertandinga menjadi 2-0 bagi keunggulan Cile.