Jumat , 07 Juli 2017, 22:35 WIB

Jerman Kembali ke Puncak Peringkat Dunia FIFA

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Bayu Hermawan
EPA/Yuri Kochetkov
Kapten timnas Jerman, Julian Draxler (tengah) mengangkat trofi Piala Konfederasi 2017 bersama rekan setimnya. Jerman mengalahkan Cile pada laga final di Moskow, Senin (3/7) dini hari WIB.
Kapten timnas Jerman, Julian Draxler (tengah) mengangkat trofi Piala Konfederasi 2017 bersama rekan setimnya. Jerman mengalahkan Cile pada laga final di Moskow, Senin (3/7) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Tim nasional Jerman kembali menduduki puncak peringkat dunia FIFA untuk pertama kalinya sejak 2015. Tim asuhan Joachim Loew ini kembali ke posisi teratas setelah meraih gelar juara Piala Konfederasi 2017 yang dihelat di Rusia untuk pertama kalinya.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Jumat (7/7), tim berjuluk Die Mannschaft naik dua tempat dari peringkat ketiga untuk merebut posisi teratas dari Brasil dan Argentina. Sebelumnya, Brasil menghuni peringkat pertama dunia sejak April lalu.

Namun, juara Piala Dunia itu tidak mengakumulasikan poin yang cukup untuk merebut kembali posisi teratas untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Brasil turun satu tempat ke peringkat kedua. Sementara peringkat ketiga dihuni oleh Argentina. Selain sukses di Piala Konfederasi, timnas Jerman U-21 juga berhasil mengalahkan Spanyol pada final Kejuaraan Eropa UEFA U-21.

Juli menjadi bulan yang baik bagi Portugal, Swiss, dan Polandia, yang masing-masing menempati peringkat keempat, kelima, dan keenam. Ketiga tim itu masing-masing naik empat tempat dalam peringkat dunia FIFA. Juara Piala Eropa Portugal berada di urutan ketiga di Piala Konfederasi. Peringkat terakhir mereka saat ini adalah posisi tertinggi dalam sejarah mereka.

Sedangkan juara Copa America Cile justru turun tiga tempat ke peringkat ketujuh. Cile hanya memenangkan satu pertandingan di Rusia, meskipun mereka mencapai final Piala Konfederasi. Spanyol terlempar dari posisi 10 besar dan bertahan di peringkat ke-11.

Kemenangan Jerman di Piala Konfederasi semakin mengesankan, mengingat Jerman menurunkan skuat yang berisikan para pemain muda ke kompetisi tersebut. Tim asuhan Loew itu menunjukkan kedalaman bermain yang luar biasa di Rusia.

Meskipun banyak tim yang terlihat dalam kondisi prima menjelang Piala Dunia 2018 mendatang, namun Jerman sekali lagi membangun reputasi yang pantas sebagai tim yang harus ditakuti. Jerman setidaknya akan berusaha mempertahankan gelar juara Piala Dunia yang mereka menangkan pada 2014 di Brasil.

Berikut peringkat 20 teratas dunia FIFA sejak Juli 2017:

1. Jerman

2. Brasil

3. Argentina

4. Portugal

5. Swiss

6. Polandia

7. Cile

8. Kolombia

9. Prancis

10. Belgia

11. Spanyol

12. Italia

13. Inggris

14. Peru

15. Kroasia

16. Meksiko

17. Uruguay

18. Swedia

19. Islandia

20. Wales