Jumat , 11 Agustus 2017, 01:46 WIB

PSG Sumbang Pemain Terbanyak ke Timnas Brasil

Red: Israr Itah
EPA/Fernando Bizerra
Neymar merayakan gol Brasil ke gawang Paraguay pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Arena Corinthians, Rabu (29/3). Brasil menang 3-0.
Neymar merayakan gol Brasil ke gawang Paraguay pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Arena Corinthians, Rabu (29/3). Brasil menang 3-0.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Kedatangan Neymar Jr dan Dani Alves ke Paris Saint-Germain (PSG) membuat klub Prancis itu menjadi penyumbang pemain terbanyak ke timnas Brasil yang akan melakoni pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Ekuador dan Kolombia.

Total, PSG mengirimkan empat pemainnya ke skuat Selecao. Selain Neymar dan Alves, ada duo bek tengah Thiago Silva dan Marquinhos. Hanya Lucas Moura pemain Brasil di PSG yang tidak dipanggil memperkuat tim Samba.

Tim kedua yang mengirimkan pemain paling banyak yakni Manchester City. Tiga pemain City, yakni kiper anyar Ederson, Fernandinho, dan Gabriel Jesus masuk ke dalam tim.

Gelandang Gremio Luan merupakan nama yang secara mengejutkan masuk dalam timnas Brasil yang diumumkan pada Kamis (10/8). Satu-satunya penampilan pemain 24 tahun yang dilaporkan diminati Arsenal dan Liverpool ini adalah sebagai pengganti pada pertandingan persahabatan melawan Kolombia April lalu. Saat itu pelatih Tite hanya menurunkan pemain-pemain yang bermain di liga lokal.

"Ia merupakan pemain yang memiliki pengalaman yang hebat di Olimpiade dan ia selalu berada dalam radar kami," kata Tite perihal Luan. "Ia adalah pemain penting yang berperan sebagai penyambung dan layak dipanggil."

Kiper Corinthians Cassio merupakan sosok kejutan lainnya. Kiper bertubuh besar ini tampil gemilang saat Corinthians meroket ke puncak klasemen liga. Ia telah dikenal dengan baik oleh Tite, dari masa ketika ia mengarsiteki Sao Paulo untuk memenangi Piala Libertadores pada 2012.

Memuncaki klasemen zona Amerika Selatan, Brasil telah dipastikan lolos ke Rusia 2018 dan telah memenangi kedelapan pertandingan kualifikasi mereka sejak Tite mengambil alih tim pada pertengahan tahun lalu.

Mereka akan menjamu Ekuador pada 31 Agustus sebelum terbang ke Kolombia untuk menghadapi tuan rumah pada 5 September.

Empat tim teratas di zona Amerika Selatan lolos otomatis ke Rusia. Tim peringkat kelima akan memainkan play-off melawan tim dari konfederasi Oseania.

Susunan timnas Brasil:

Kiper: Alisson (Roma), Cassio (Corinthians), Ederson (Manchester City) 

Bek: Dani Alves (PSG), Fagner (Corinthians), Filipe Luis (Atletico Madrid), Marcelo (Real Madrid), Marquinhos (PSG), Miranda (Inter Milan), Rodrigo Caio (Sao Paulo), Thiago Silva (PSG)

Gelandang: Casemiro (Real Madrid), Fernandinho (Manchester City), Giuliano (Zenit), Luan (Gremio), Paulinho (Guangzhou Evergrande), Philippe Coutinho (Liverpool), Renato Augusto (Beijing Guoan), Willian (Chelsea)

Penyerang: Firmino (Liverpool), Gabriel Jesus (Manchester City), Neymar Jr (PSG), Taison (Shakhtar Donetsk)

Sumber : Antara/Reuters