Rabu , 06 September 2017, 09:22 WIB

Ventura Senang Meski Hanya Menang Tipis Atas Israel

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Elisabetta Baracchi/ANSA via AP
Giampiero Ventura
Giampiero Ventura

REPUBLIKA.CO.ID, REGGIO EMILIA -- Timnas Italia mendapatkan cemoohan dari pendukung mereka sendiri saat menjamu Israel dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia Grup G di Stadion Città del Tricolore, Rabu (6/9) dini hari WIB. Azzurri tampil buruk pada babak pertama dan hanya bisa menang 1-0 berkat gol Ciro Immobile. 

Walau Italia tak tampil mengesankan, hanya unggul dalam penguasaan bola, sang pelatih Giampiero Ventura tak mempersoalkannya. Ventura merasa anak-anak asuhnya telah melakukan tugasnya dengan baik sesuai dengan keinginannya, yakni mengamankan tiga angka.

"Sudah jelas bahwa hasil akhir adalah prioritas kami, namun saya bahagia. Saya bahagia karena terus berada di daerah lawan selama 80 menit. Kami tidak terlalu bagus pada babak pertama, namun kecepatan dan sering mengalirkan bola ke kotak penalti," ucap Ventura dikutip Rai Sport, Rabu (6/9).

Hasil ini membuat Italia terus menempel Spanyol. Buffon dan rekan-rekan mengantongi 19 poin dari delapan laga atau tertinggal tiga angka dari La Roja. Dengan dua partai tersisa, secara matematis peluang Gli Azzurri merebut tiket otomatis ke Rusia masih terbuka. Namun, rasanya sulit melihat Spanyol terganjal pada dua laga sisa melawan Israel dan Albania.

Italia hanya membutuhkan tambahan satu angka lagi dari dua laga sisa kontra Makedonia (6/10) dan Albania (9/10) untuk memastikan satu tempat di babak play-off.

"Kami mengambil langkah satu demi satu. Kita akan melihat adanya perkemabngan," kata Ventura.

Baca juga: Buffon Sindir Fan Azzurri Usai Kemenangan Atas Israel