Rabu , 06 September 2017, 10:19 WIB

Gol Bunuh Diri Angkat Uruguay ke Posisi Dua Conmebol

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
AP Photo/Jorge Saenz
Pemain Uruguay Federico Valverde (tengah) berselebrasi usai menjebol gawang Paraguay.
Pemain Uruguay Federico Valverde (tengah) berselebrasi usai menjebol gawang Paraguay.

REPUBLIKA.CO.ID, ASUNCION -- Uruguay memperbesar peluang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 mewakili zona Conmebol. Kemenangan tipis 2-1 atas Paraguay berkat gol Federico Valverde dan aksi bunuh diri Gustavo Gomez pada Rabu (6/9) pagi WIB mengantarkan Uruguay menempati posisi dua klasemen di bawah Brasil.

Uruguay berada di posisi kedua klasemen dengan raihan 27 angka dari 16 laga dengan dua pertandingan tersisa. Persaingan di zona Conmebol sangat ketat dengan tujuh tim masih berpeluang meraih tiga tiket lolos langsung ke Rusia. Akan tetapi Uruguay kini berada di posisi terdepan. La Celeste hanya butuh empat angka lagi dari dua lawan yang menempati posisi terbawah klasemen, yakni Venezuela dan Bolivia.

Tampil di Estadio Defensores del Chaco, Asuncion, kedua tim tampil menekan pada awal babak pertama. Jual beli serangan pun terjadi, namun tak ada gol yang tercipta. Skor kacamata masih bertahan hingga turun minum.

Memasuki interval kedua tensi permainan meningkat. Gol yang ditunggu akhirnya datang pada menit ke-76 melalui Federico Valverde untuk membuat Uruguay sementara mengungguli tuan rumah.

Empat menit berselang La Celeste menambah keunggulan melalui gol bunuh diri Gustavo Gomez menit ke-80. Gol tersebut bermula dari aksi individu Luis Suarez di lini pertahanan Paraguay. Penyerang Barcelona itu memperdaya Silva dan melepas percobaan tembakan ke gawang Paraguay.

Tembakan Suarez mengenai mistar gawang, namun bola langsung mengenai badan Gomez dan memantul ke dalam gawang sendiri.

Tuan rumah baru bisa memperkecil kedudukan pada menit ke-88 melalui Oscar Romero. Uruguay tersenyum lega karena tidak ada gol tambahan tercipta.

Paraguay berada di tempat ketujuh dengan raihan 21 poin dari 16 laga. Namun secara matematis Paraguay masih berpeluang lolos langsung andai memenangkan dua laga tersisa dan pesaing lain terjegal.