Kamis , 07 September 2017, 08:12 WIB

Wasit Dihukum Seumur Hidup, Afsel Vs Senegal Tanding Ulang

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
www.izmailovo.ru
Logo Piala Dunia 2018 di Rusia.
Logo Piala Dunia 2018 di Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, PIETERSBURG -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memutuskan laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Afrika Selatan kontra Senegal akan diulang. Penyebabnya, wasit yang memimpin pertandingan tersebut, Joseph Lampety dihukum tidak boleh bertugas seumur hidup.

Lampety dianggap memanipulasi pertandingan itu. Wasit berusia 43 tahun memberikan penalti kepada tuan rumah Afsel. Saat melihat rekaman, bola tidak menyentuh bek senegal, Kalidou Koulibaly.

Partai yang berlangsung pada bulan November 2016 itu berkesudahan 2-1 untuk Afsel. "Pertandingan tersebut akan diputar ulang pada jeda internasional November 2017," demikian laporan yang dikutip dari BBC, Kamis (7/9).

Pada Rabu (6/9) Pengadilan Arbirase Olahraga (CAS) memutuskan membekukan tugas Lamptey seumur hidup. Wasit asal Ghana itu pernah bertugas di Olimpiade Rio de Janeiro tahun lalu.

Senegal dan Afsel tergabung di Grup D Kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika. Selain kedua tim tersebut, ada Burkina Faso DAN Kepulauan Tanjung Verde.