Kamis , 14 September 2017, 11:35 WIB

Suriah Jadikan Malaysia Kandang pada Play-Off Piala Dunia

Red: Israr Itah
EPA-EFE/ABEDIN TAHERKENAREH
Selebrasi tim Suriah setelah memastikan satu tempat di play-off Piala Dunia 2018 zona Asia.
Selebrasi tim Suriah setelah memastikan satu tempat di play-off Piala Dunia 2018 zona Asia.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALALUMPUR -- Suriah akan menjadi tuan rumah leg pertama play-off Piala Dunia 2018 zona Asia melawan Australia. Pertandingan ini akan berlangsung pada 5 Oktober di Malaka, Malaysia, seperti diumumkan Federasi Sepak Bola Australia, Kamis (14/9).

Sebelumnya, Suriah sudah lama memainkan laga kandang mereka di Malaysia sejak FIFA melarang pertandingan berlangsung di negara yang tengah berkecamuk perang itu. Suriah kini berada di jalur untuk menuju putaran final Piala Dunia pertama dalam sejarah mereka. 

Australia akan menjamu Suriah pada leg kedua di Stadion Olimpiade Sydney, lima harus berselang. Andai keluar sebagai pemenang, Suriah harus melakoni satu laga play-off lagi menghadapi tim peringkat empat zona Concacaf. Pemenang dari play-off antar-Konfederasi ini akan mendapatkan tiket berlaga di Rusia tahun depan.

Keberhasilan Elang Gunung Qasioun menembus play-off ini pantas dacungi jempol. Meskipun dilanda kendala internal dan minim dukungan suporter, tim asuhan Ayman Hakeem tetap bertarung.

Perlahan namun pasti, sejumlah pemain yang awalnya memboikot bergabung dengan timnas Suriah akibat berseberangan dengan Presiden Bassar al-Ashad melunak. Mereka bergabung dan mengantarkan Suriah finis di posisi ketiga Grup A klasemen fase akhir kualifikasi.

Sumber : REUTERS