Rabu , 11 Oktober 2017, 08:46 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Dibungkam Brasil, Cile Gagal ke Rusia

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
EPA-EFE/SEBASTIAO MOREIRA
Gabriel Jesus (kiri), pencetak gol Brasil ke gawang Cile.
Gabriel Jesus (kiri), pencetak gol Brasil ke gawang Cile.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Tim nasional Cile gagal melangkah ke Piala Dunia 2018. Pada laga terakhir kualifikasi, anak asuh Juan Antonio Pizzi ditaklukkan tuan rumah Brasil 0-3.  

Hasil di Stadion Allianz Parque, Sao Paulo pada Rabu (11/10) pagi WIB, membuat skuat La Roja finis di peringkat keenam klasemen akhir zona Conmebol. Ini menjadi tamparan keras bagi jawara Copa Amerika 2015 dan 2016 itu yang hanya butuh hasil imbang untuk lolos.

Kendati telah memastikan diri sebagai wakil Amerika Selatan yang berlaga di Rusia, armada Selecao tetap fokus membidik kemenangan. Terbukti semua pemain inti tampil pada pertandingan ini, di antaranya ada Neymar da Silva jr, Dani Alves, Casemiro, hingga Phillipe Coutinho.

Hasilnya sepanjang 45 menit awal, Brasil mendominasi permainan. Neymar dan rekan-rekan menguasai bola hingga 64 persen, sisanya milik tim tamu. 

Pun demikian dengan tendangan tepat sasaaran. Pemilik lima gelar lima Piala Dunia memiliki dua shoot on target, sementara Chile hanya kebagian satu. Namun hingga turun minum, kedudukan masih imbang 0-0. 

Setelah jeda, irama pertandingan tak berubah. Tim Samba terus melancarkan tekanan. Hasilnya, pada menit ke-55, gelandang Barcelona, Paulinho memecahkan kebuntuan. 

Dua menit berselang, Brasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 melalui Gabriel Jesus. Hingga pada pengujung laga, aksi Jesus menambah penderitaan Chile. Hasil 3-0 untuk armada Selecao bertahan hingga duel berakhir.

Posisi Cile di tempat ketiga sebelum laga kini diisi Argentina. Arturo Vidal dkk bahkan gagal berlaga di play-off antar-Konfederasi karena hanya finis di posisi keenam.

Klasemen akhir zona Conmebol:

Berita Terkait