Rabu , 11 Oktober 2017, 19:49 WIB

Robben Yakin Masa Depan Sepak Bola Belanda Cerah

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ratna Puspita
AP/Peter Dejong
Arjen Robben
Arjen Robben

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Arjen Robben yakin masa depan sepak bola Belanda akan segera baik-baik saja meski sedang dalam kondisi terpuruk. Pemain 33 tahun ini mengatakan, suatu saat Belanda akan kembali mendapatkan masa jayanya.

Belanda baru saja gagal ke Piala Dunia 2018. Ini menambah catatan buruk Der Oranje yang juga tak mampu lolos ke putaran final 2016.

Namun, menurut Robben, kekecewaan dalam dunia sepak bola adalah hal biasa. "Bayangkan ketika Anda sekolah, bermain sepenuh mati untuk menang, lalu Anda kalah. Ya, benar, Anda kecewa. Tapi hari esok masih panjang, dan hal yang baik segera datang," kata Robben dikutip dari Sky Sports, Rabu (11/10).

Robben berharap, generasi junior Belanda bisa segera mengangkat derajat negaranya. Ia mengatakan, meski dia tidak lagi bermain di lapangan, para pemain senior Belanda lainnya pasti akan menjadi mentor yang baik.

“Saya sangat bangga 14 tahun berseragam Oranje. Kini Belanda akan memulai era baru yang lebih baik," tegas Robben, yang memutuskan pensiun dari timnas setelah Belanda gagal ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Belanda kesulitan bangkit setelah sempat mencapai penampilan hebat pada Piala Dunia 2010 dan 2014. Di Piala Dunia 2010, mereka menembus partai final. Empat tahun kemudian jadi semifinalis. Namun, dalam empat tahun belakangan penampilan mereka menurun drastis dengan gagal ke Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Berita Terkait