Rabu , 11 October 2017, 21:22 WIB

Jikapun Lolos Piala Dunia, Pelatih Australia Tetap Dipecat?

Rep: Lintar Satria/ Red: Didi Purwadi
EPA-EFE/FRANCK ROBICHON
Pelatih timnas Australia Ange Postecoglou.
Pelatih timnas Australia Ange Postecoglou.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Pelatih Timnas Australia, Ange Postecoglou, terancam dipecat menyusul kegagalan timnya lolos ke Piala Dunia 2018 melalui babak kualifikasi Zona Asia (AFC). Meskipun jika mampu membawa Australia lolos lewat babak play-off, Postecoglou dipastikan tetap akan dilengserkan dari posisinya.

Laporan media massa Australia, Melbourne Herald Sun, Rabu (11/10) menyebutkan Postecoglou akan dipecat usai menghadapi Honduras di babak play-off pada pertengahan November mendatang. Socceroos, julukan timnas Australia, dipastikan lolos jika mampu menjinakkan Honduras di laga play-off.

Melbourne Herald Sun melaporkan pelatih berusia 52 tahun tersebut akan diturunkan dari jabatannya apapun nanti hasil pertandingan melawan Honduras. Salah satu sumber dari Federasi Sepakbola Australia mengatakan badan olahraga pemerintah tersebut akan segera mengumumkan pemecatan ini, tapi belum diketahui kapan pengumuman tersebut akan dikeluarkan.

Australia mengalahkan Suriah 2-1 di kandang mereka. Hasil tersebut membuat Australia memiliki kesempatan masuk Piala Dunia 2018 lewat jalur babak play-off. Postecoglou yang menggantikan Holger Osieck pada akhir 2013 membawa Australia di Piala Dunia 2014. Ia juga membawa Australia menjuarai Piala Asia.

Postecoglou tertekan ketika kualifikasi zona Asia hampir berakhir. Para pengamat dan mantan pemain sering kali mengkritik taktik dan pilihan pemainnya. Mereka juga meminta Postecoglou untuk bermain lebih menyerang. Puncaknya ketika ia menerobos keluar dari konferensi pers paska-pertandingan bulan lalu saat Australia mengalahkan Thailand 2-1 di Sidney.

Berita Terkait