Rabu , 11 Oktober 2017, 12:14 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Sampaoli Sanjung Keberhasilan Argentina Lolos ke Piala Dunia

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
EPA-EFE/JAIME ECHEVARRIE
Jorge Sampaoli
Jorge Sampaoli

REPUBLIKA.CO.ID, QUITO -- Pelatih timnas Argentina Joerge Sampaoli memuji timnya yang melangkah ke putaran final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Ekuador dengan skor 3-1 di Estadio Olimpico Atahualpa, Quito, Rabu (11/10) pagi.

Hattrick Lionel Messi memastikan satu tiket bagi La Albiceleste terbang ke Rusia tahun depan. Kemenangan tersebut terbilang cukup dramatis mengingat Argentina sebelumnya berada dalam posisi tak ideal lantaran berada di peringkat enam klasemen zona Conmebol hingga partai ke-17.

"Hari ini Argentina melangkah dengan sangat baik," kata Sampaoli dilansir Reuters, Rabu (11/10).

Respons para pemain Argentina pada pertandingan pagi tadi mendapat pujian dari sang pelatih. Sampaoli menambahkan dengan waktu yang tersisa dirinya berharap jika Tim Tango mampu tampil lebih dominan saat merumput di negeri Beruang Merah.

"Saya berharap bahwa dengan persiapan beberapa bulan yang kami miliki, kami bisa bersikap kompetitif saat berada di Rusia, seperti yang ditunjukkan hari ini," sambung eks juru taktik Sevilla.

Tak lupa Sampaoli memuji penampilan sang kapten Lionel Messi yang menjadi pahlawan dengan tiga golnya. Meski demikian, ia meminta para pemain untuk segera keluar dari situasi ketergantungan kepada Messi.

"Kami harus memperbaiknya, jadi tidak semuanya tergantung kepada Messi," ujar Sampaoli.

Argetina lolos setelah finis di urutan ketiga klasemen Conmebol dengan perolehan nilai 28 dari 18 partai yang telah dilakoni. Mereka menggusur Cile yang terpaksa angkat kaki setelah dihajar Brasil 3-0 di Sao Paolo.