Jumat , 06 Oktober 2017, 09:45 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Strachan Lega Skotlandia Jaga Asa ke Play-Off Piala Dunia

Red: Israr Itah
(AP Photo/Scott Heppell
Gordon Strachan
Gordon Strachan

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Skotlandia berhasil memetik kemenangan 1-0 atas Slovakia pada laga kualifikasi Piala Dunia Grup F di Hampden Park, Glasgow, Jumat (6/10) dini hari WIB. Kemenangan ini menjaga asa Skotlandia untuk mencapai babak play-off.

Hasil ini membuat Skotlandia perlu memetik poin penuh saat mereka berhadapan dengan Slovenia pada Senin (9/10), untuk memastikan posisi runner-up grup sekaligus menuju play-off.

Pelatih Skotlandia Gordon Strachan mengatakan ia tidak pernah kehilangan keyakinan bahwa timnya akan mencetak gol pada laga tersebut. Sebuah gol bunuh diri dari Martin Skrtel memberi Skotlandia kemenangan tipis nan penting.

"Saya benar-benar merasa bahwa kami akan mencetak gol, tidak peduli kapan waktunya. Pada saat tidak merasa stres, saya bisa melihat semuanya terkendali," kata Strachan, dilansir dari BBC, Jumat (6/10).

Pelatih berusia 60 tahun ini mengatakan para pemainnya terlihat benar-benar yakin dengan apa yang mereka lakukan, terlepas dari beberapa operan yang salah. Menurutnya, para pemain asuhannya tetap menjaga permainan di atas kegelisahan banyak orang melawan Slovakia, yang tampil dengan 10 orang sejak menit ke-23.  

"Ada banyak waktu yang saya rasa dan gol belum juga datang. Tapi saya merasa itu akan berhasil dengan pekerjaan yang mereka lakukan, seperti yang coba mereka mainkan," kata dia memuji pasukannya.

Skotlandia kini telah mencatat lima pertandingan tak terkalahkan di Grup F. Mereka saat ini duduk di posisi kedua grup dengan 17 poin, terpaut enam angka di belakang Inggris, yang telah menyegel tempat di final Piala Dunia.

Selanjutnya, Skotlandia akan menjalani lawatan ke Slovenia pada laga terakhir grup. Slovenia belum kebobolan gol di kandang mereka selama kualifikasi. Menjelang laga tersebut, Strachan mewaspadai tim tuan rumah. Menurutnya, Slovenia adalah tim yang bagus. 

 

Berita Terkait