Selasa , 10 October 2017, 14:23 WIB

Tendangan Kalajengking Giroud Jadi Kandidat Gol Terbaik FIFA

Red: Israr Itah
AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Olivier Giroud
Olivier Giroud

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tendangan kalajengking Olivier Giroud yang berbuah gol saat Arsenal berhadapan dengan Crystal Palace musim lalu masuk dalam daftar kandidat Gol Terbaik FIFA Tahun Ini. Ia akan bersaing dengan remaja wanita Venezuela, Deyna Castellanos, dan kiper Oscarine Masuluke, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (10/10).

Giroud mencetak gol dengan tendangan voli dalam pertandingan Liga Primer pada 1 Januari. Ia membuat gerakan akrobatik dengan menendang bola menggunakan tumit kirinya untuk mengubah umpan silang Alexis Sanchez menjadi gol.

Arsenal memenangkan pertandingan 2-0 dan Giroud yang kemudian mengakui bahwa ia mendapatkan sedikit keberuntungan atas gol itu. Ia mengatakan bahwa ini gol terbaik yang pernah ia cetak.

Pemain berusia 31 tahun itu adalah orang ketujuh Prancis yang dinominasikan untuk mendapatkan penghargaan tersebut, namun yang pertama masuk dalam kandidat tiga besar.

Castellanos adalah pemain wanita Venezuela kedua yang masuk dalam tiga besar dala dua tahun berurutan. Tendangannya dari garis tengah melawan Kamerun pada Piala Dunia Wanita U-17 di Yordania tahun lalu berbuah gol.

Pemain berusia 18 tahun itu mengikuti jejak rekan senegaranya Daniuska Rodriguez yang masuk tiga besar untuk penghargaan tahun lalu, namun kalah dari tendangan bebas pemain Malaysia Mohd Faiz Subri yang spektakuler dari jarak 35 meter.

Pemain Afrika Selatan Masuluke adalah kiper sekaligus pemain pertama dari Afrika yang berhasil mencapai tiga besar saat tendangan saltonya mengantarkan Baroka FC menahan imbang Orlando Pirates tahun lalu.

Pemenang penghargaan tersebut akan diputuskan oleh publik dan diumumkan pada acara penghargaan tahunan FIFA di London pada 23 Oktober. 

Sumber : REUTERS

Berita Terkait