Jumat , 13 October 2017, 13:51 WIB

Mascherano Pensiun dari Timnas Argentina Usai Piala Dunia

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ratna Puspita
EPA/LG MILLER
Javier Mascherano
Javier Mascherano

REPUBLIKA.CO.ID, KATALUNYA -- Gelandang Barcelona Javier Mascherano akan pensiun dari timnas Argentina setelah Piala Dunia di Rusia tahun depan. Pemain 33 tahun ini mengatakan, tugas di Rusia nanti akan jadi pengabdian terakhirnya bagi tim Tango.

Sosok yang sudah langganan dipangil timnas Argentina sejak 2003 silam ini menilai, tahun 2018 adalah saat tepat baginya melepaskan kostum putih-biru langit. "Pengabdian saya kepada timnas akan selesai di Rusia. Ini sudah jadi keputusan final bagi saya," kata Mascherano dikutip dari Marca, Jumat (13/10).

Eks gelandang Liverpool ini mengatakan, untuk sekarang ia masih belum mengetahui secara pasti apakah jasanya akan digunakan oleh Argentina di Rusia nanti. Mascherano menyadari, seiring usia yang semakin gaek untuk ukuran pesepak bola, sosoknya mungkin tidak akan dilirik oleh pelatih timnas, Jorge Sampaoli.

Namun, Mascherano memastikan, ia akan bekerja keras selama tujuh bulan ke depan, hingga hari pengumuman skuat timnas Argentina untuk Piala Dunia 2018. Setelah itu, Mascherano pasrah dengan keputusan Sampaoli apakah akan memanggilnya atau tidak.

"Saya akan melakukan persiapan sebaik mungkin. Jika dipanggil saya akan sangat bahagia dalam mengakhiri karier internasional di Rusia. Tapi jika tidak dipanggil, saya akan menghormati keputusan tersebut," mantan pemain West Ham United ini.

Mascherano jadi salah satu pemain senior Argentina di timnas. Sejauh ini ia sudah mengoleksi 139 penampilan untuk negaranya. Jumlah tersebut hanya terpaut empat dari pemegang rekor sebagai pemain paling sering memperkuat Argentina, Javier Zanetti.

Javier Mascherano (tengah) bersama rekannya di tim nasional Argentina, Nicolas Otamendi (kiri), berusaha berebut bola dengan Pedro Velasco (kanan) dari Ekuador pada kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL di Stadion Atahualpa, Quito, Ekuador, Selasa (10/10) waktu setempat. (Sumber: EPA-EFE/JOSE JACOME)