Senin , 23 October 2017, 14:54 WIB

Pemain Terbaik FIFA Diumumkan Hari Ini, CR7 Calon Terkuat

Red: Endro Yuwanto
EPA/ANGEL MARTINEZ - FRANCE FOOTBALL
Cristiano Ronaldo bersama trofi Ballon d'Or 2016.
Cristiano Ronaldo bersama trofi Ballon d'Or 2016.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kesuksesan Cristiano Ronaldo yang mengantar Real Madrid meraih sejumlah trofi bergengsi membuatnya menjadi favorit terkuat memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Dunia 2017 versi FIFA. Pemain Terbaik Dunia 2017 akan diumumkan pada Senin (23/10) ini di London, Inggris.

Ronaldo, bintang asal Portugal yang tahun lalu mendapat gelar serupa, telah mengantarkan Madrid berjaya di La Liga Spanyol dan mencetak 12 gol untuk mengantarkan Madrid menjuarai Liga Champions yang ketiga dalam empat musim terakhir.

Pemain berjulukan CR7 ini dicalonkan bersama pesaing abadinya Lionel Messi dan mantan mitra Messi di Barcelona yang kini memperkuat Paris Saint-Germain (PSG), Neymar.

"Pada akhirnya, Ronaldo berada di depan yang lainnya," kata ikon AS Roma Francesco Totti dalam laman FIFA menjelang seremoni Pemain Terbaik Dunia 2017 di London Palladium. "Ronaldo sudah melewati musim yang menakjubkan dan juga menuntaskan semua golnya dengan tim paling bergengsi."

Jika Ronaldo dinobatkan kembali sebagai pemain terbaik di dunia, maka itu akan membuka jalan bagi pemain usia 32 tahun tersebut menyamai rekor Messi yang meraih lima kali penghargaan FIFA Ballon d'Or (Pemain Terbaik Dunia).

Dengan berakhirnya kerja sama antara FIFA dengan Majalah France Football, maka selesai sudah penghargaan internasional bernama FIFA Ballon d’Or pada 2017. Kesepakatan keduanya tidak lagi diperpanjang setelah Gianni Infantino menang sebagai presiden FIFA pada awal tahun 2016.

Padahal, keduanya sempat menjalin kerjasama pada 2010 yang mengawinkan Pemain Terbaik Dunia versi FIFA dengan Ballon d’Or versi France Football menjadi FIFA Ballon d’Or. Kala itu, Sepp Blatter yang masih menjabat sebagai presiden federasi sepak bola tertinggi dunia itu berani membayar Rp 222 miliar kepada France Football agar bisa merger.

Sumber : Antara