Selasa , 24 October 2017, 06:12 WIB

Ini Beda Penghargaan Ballon d'Or dan Pemain Terbaik FIFA

Red: Israr Itah
EPA-EFE/ANDY RAIN
Cristiano Ronaldo mencium trofi Pemain Terbaik FIFA Tahun Ini.
Cristiano Ronaldo mencium trofi Pemain Terbaik FIFA Tahun Ini.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Cristiano Ronaldo meraih gelar Pemain Terbaik FIFA Tahun Ini. Penyerang Real Madrid ini mempertahankan trofi yang diraihnya tahun lalu setelah meraih gelar juara La Liga dan Liga Champions pertengahan tahun ini.

Ini merupakan edisi kedua anugerah Pemain Terbaik FIFA, yang berbeda dengan Ballon d'Or. (Baca juga: Ronaldo Sabet Gelar Pemain Terbaik Versi FIFA Tahun Ini)

Penghargaan Ballon d'Or telah diberikan oleh majalah France Football sejak 1956. Sementara FIFA mulai memberikan penghargaan Pemain Terbaik Dunia pada 1991.

Mulai 2010, FIFA bekerja sama dengan France Footbal untuk memberikan penghargaan. Alhasil, anugerah ini bernama FIFA Ballon d'Or. Baru berjalan enam kali, kerja sama tersebut berakhir pada 2015.

France Football melanjutkan kiprah mereka dengan memberikan penghargaan Ballon d'Or. Sementara FIFA memperkenalkan anugerah Pemain Terbaik FIFA, dengan Ronaldo yang pertama kali menerimanya pada Januari.

Pemilihan untuk pemain dan pelatih terbaik dilakukan oleh kapten dan pelatih tim nasional, sejumlah jurnalis yang diseleksi, dan untuk kali pertama, pemungutan suara oleh fan melalui internet. Masing-masing suara ini bernilai 25 persen.