Selasa , 24 October 2017, 06:34 WIB

Ini Para Pemenang Penghargaan FIFA Tahun Ini

Red: Israr Itah
EPA-EFE/ANDY RAIN
Para pemain yang masuk dalam FIFPRO World XI dalam acara seremoni penghargaan FIFA di London, Senin.
Para pemain yang masuk dalam FIFPRO World XI dalam acara seremoni penghargaan FIFA di London, Senin.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- FIFA menggelar acara gala di London pada Senin (23/10), untuk memberikan penghargaan kepada sejumlah pemain dan kategori. Cristiano Ronaldo memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA Tahun Ini setelah membawa Real Madrid menjuarai La Liga dan Liga Champions. Berikut ini daftar lengkap peraih penghargaan FIFA, dikutip dari BBC.

Pemain Terbaik FIFA kategori pria - Cristiano Ronaldo

Ronaldo mencetak dua gol saat Madrid membenamkan Juventus 4-1 pada final Liga Champions tahun ini. Ia mengemas 25 gol dalam 29 penampilan di La Liga. Ini menjadi gelar La Liga perdana Madrid dalam lima tahun.

"Kita berada di Inggris untuk kali pertama, dan saya memenangkan ini untuk kali kedua berurutan. Ini momen luar biasa buat saya," kata Ronaldo yang meraih 43,16 persen suara. Lionel Messi hanya meraih 19,25 persen suara dan Neymar 6,97 persen. 

Sebagai kapten tim nasional, Messi dan Ronaldo punya hak memilih pemain terbaik selain dirinya. Messi memilih Luis Suarez rekannya di Barcelona, sementara Ronaldo menuliskan nama Luka Modric, tandemnya di Madrid.

Pemain Terbaik FIFA kategori wanita - Lieke Martens

Martens, 24 punya pengaruh besar mengantarkan Belanda menjuarai Piala Eropa pada musim panas ini. Ia juga menyabet gelar pemain terbaik turnamen bergengsi antarnegara Eropa versi wanita ini. Dia mendapatkan 21,72 persen suara, mengalahkan Carli Lloyd yang menerima 16,28 persen dan Deyna Castellanos 11,69 persen.

FIFPRO World XI

Hanya ada tiga perubahan dari daftar 11 starting line up terbaik versi FIFA edisi 2016 dengan sekarang. Gianluigi Buffon menggantikan Manuel neuer di bawah mistar. Leonardo Bonucci mengisi posisi yang tahun lalu ditempati Gerard Pique. Sementara Neymar menggantikan Luis Suarez.

Kiper: Gianluigi Buffon

Bek: Dani Alves, Leonardo Bonucci, Sergio Ramos, Marcelo

Gelandang: Luka Modric, Toni Kroos, Andres Iniesta

Penyerang: Neymar, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi

Pelatih Terbaik Pria

Zinedine Zidane terpilih sebagai pelatih terbaik pria setelah mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Champions dua musim berurutan. Zidane juga menghentikan dahaga juara La Liga yang diderita Madrid selama lima tahun. Zidane meriah 46,22 persen suara, unggul mutlak dari Antonio Conte (11,62 persen) yang membawa Chelsea juara Liga Primer Inggris msim lalu dan Massimiliano Allegri (8,78 persen).

Pelatih Terbaik Wanita

Pelatih timnas wanita Belanda Sarina Wiegman meraih penghargan ini setelah membawa timnya menjuarai Piala Eropa 2017. Ia mendapatkan 36,24 persen suara mengungguli Nils Nielsen (12,64 persen) dan Gerard Precheur (9,37 persen)

Trofi Puskas

Olivier Giroud menerima trofi Puskas untuk penghargaan gol terbaik. Gol tendangan kalajengking striker Arsenal saat melawan Crystal Palace terpilih sebagai yang terbaik. Lihat gol tendangan kalajengking Giroud (sumber: Youtube)

Kiper Terbaik

Gianluigi Buffon terpilih sebagai penjaga gawang terbaik. Pria 39 tahun ini yang meraih dua trofi domestik bersama Juventus mengungguli penjaga gawang Real Madrid Keylor Navas dan kiper Bayern Muenchen Manuel Neuer.

"Ini kehormatan luar biasa menerima penghargaan ini dalam usai saya sekarang," kata Buffon.

Penghargan Fair Play 

Pemain Togo Francis Kone menerima penghargaan ini setelah menyelamatkan nyawa kiper Martin Berkovec dalam pertandingan Liga Ceska pada Februari lalu. Ia memberikan pertolongan pertama yang cermat dan tepat waktu hingga nyawa Berkovec dapat diselamatkan.