Selasa , 14 November 2017, 07:08 WIB

Lima Cerita Menarik di Balik Kegagalan Italia Lolos ke Piala Dunia 2018

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
EPA/MIKE PALAZZOTTO
Giampiero Ventura (tengah) bersama para pemain timnas Italia.
Giampiero Ventura (tengah) bersama para pemain timnas Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Hasil imbang tanpa gol yang terjadi pada leg kedua play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia, antara Italia kontra Swedia di San Siro, Selasa (14/11) dini hari WIB menjadi pukulan telak bagi tuan rumah. Dengan skor tersebut, maka Italia dipastikan absen di Piala Dunia 2018.

Pasalnya, pada leg pertama, Gli Azzurri kalah 0-1 di markas Swedia. Bukan hanya soal tak lolosnya Italia ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 60 tahun, pertandingan di Kota Milan itu juga menyajikan banyak hal menarik. Paling menyedot perhatian, tentu soal pengumuman pensiun Gianluigi Buffon dari timnas Italia.

Berderai air mata, kapten timnas Italia ini mengungkapkan keputusannya meninggalkan timnas setelah 20 tahun lamanya. Sebelum momen tersebut, banyak cerita yang menarik dicermati dari laga Italia kontra Swedia di markas klub Inter Milan dan AC Milan itu. Berikut Lima di antaranya.

1. Statistik laga yang 'mengkhianati' Negeri Pizza

Sebenarnya dominasi pertandingan sepenuhnya jadi milik Italia. Bicara soal penguasaan bola, Italia menguasai 75 persen, benar-benar sangat mutlak. Ada 631 operan yang dibuat Italia, sedangkan para pemain Swedia hanya bisa berbagi bola dalam 117 operan.

Hal ini berpengaruh pada lahirnya peluang. Italia sanggup membuat 24 tembakan dengan enam di antaranya menemui sasaran. Sedangkan, Swedia jauh di bawahnya dengan hanya empat kali menembak dengan satu tepat ke arah gawang. Namun, semua itu tak cukup untuk menolong Italia mencetak sebiji gol pun.