Selasa , 14 November 2017, 11:51 WIB

Chiellini: Italia akan Segera Bangkit

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
EPA/DANIEL DAL ZENNARO
Giorgio Chiellini
Giorgio Chiellini

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Bek timnas Italia Giorgio Chiellini sangat terpukul dengan kegagalan Gli Azzurri lolos ke Piala Dunia 2018. Skor seri 0-0 saat Italia menjamu Swedia pada leg kedua play-off Piala Dunia di San Siro, Selasa (14/11) dini hari WIB membuat skuat Negeri Pizza harus melupakan mimpi bermain di Rusia tahun depan.

Hal itu karena Itali sudah menelan kekalahan 0-1 pada leg pertama. Menurut Chiellini Italia sebenarnya layak untuk menjadi satu dari 32 kontestan Piala Dunia 2018. Hanya saja, Swedia memang menunjukkan permainan hebat sehingga bisa mengungguli Italia.

"Pada akhirnya, inilah hasil yang harus kami terima, kami sudah memberikan segalanya. Tapi Swedia lebih layak," kata Chiellini dikutip dari ESPN, Selasa.

Bek milik Juventus ini mengatakan, Italia harus segera bangkit dan tidak terlalu tenggelam dalam kubangan penyesalan. Chiellini mengajak seluruh publik Italia untuk optimistis dalam menatap kiprah sepak bola negaranya di masa depan.

Menurut Chiellini, timnas Italia tak boleh kehilangan semangat dalam meniti kembali perjuangan menuju level atas. Masih ada turnamen terdekat, Piala Eropa 2020 yang harus dikejar oleh Italia.

"Kami semua harus mengangkat kepala untuk segera mencari jalan keluar untuk bangkit. Kami harus kembali ke titik tertinggi di mana kami seharusnya berada," kata Chiellini.

Kegagalan lolos ke Piala Dunia ini jadi pil pahit bagi Italia. Untuk pertama kalinya dalam 60 tahun, Italia tak lolos ke Piala Dunia. Sepanjang sejarah, peraih empat gelar Piala Dunia itu hanya dua kali tidak ikut serta, yakni pada edisi pertama 1930 dan pada 1958.