Selasa , 14 November 2017, 19:00 WIB

Pelatih Italia Keluar dari Pintu Belakang

Rep: Frederikus Bata/ Red: Ratna Puspita
EPA/MAURIZIO DEGL'INNOCENTI
Giampiero Ventura.
Giampiero Ventura.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Pelatih tim nasional Italia, Giampiero Ventura, dikabarkan meninggalkan hotel tempat mereka menginap di Kota Milan lewat pintu belakang. Allenatore 69 tahun itu tidak berbicara dengan media sedikitpun.

Federasi Sepakbola Italia berencana menggelar pertemuan pasca kegagalan negara tersebut ke Piala Dunia 2018. Ventura dilaporkan tidak menghadiri acara tersebut.

"Menurut Sky, Ventura terlihat keluar melalui belakang hotel, tanpa berbicara dengan media apapun," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Selasa (14/11).

Pertemuan FIGC digelar di Roma, Rabu (15/11) waktu setempat. Salah satu agenda diprediksi membahas masa depan sang pelatih.

Kegagalan Gli Azzurri meraih tiket ke Rusia menjadi pembahasan sejumlah media di seluruh dunia. Halaman depan majalah Jerman, Bild, berisi gambar Buffon sedang menatap ke langit dengan wajah penuh kesedihan. 

L'Equipe di Prancis juga menampilkan jal serupa. "Gianluigi Buffon yang sangat hebat, yang memimpikan pensiun setelah Piala Dunia, tapi berakhir dengan cara yang menyedihkan," demikian kutipan tulisan media tersebut.

Begitupun di Amerika Serikat, Spanyol, dan Inggris. Semua menuliskan kabar mengejutkan tentang tidak adanya Italia di Rusia setelah terakhir terjadi pada 1958. Pada bagian lainnya masih tetap mengupas fenomena seorang Buffon yang berakhir tragis.