Rabu , 15 November 2017, 07:28 WIB

Eriksen: Hattrick dan ke Piala Dunia tak akan Terlupakan

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
AP
 Christian Eriksen (kiri).
Christian Eriksen (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Gelandang Denmark Christian Eriksen mengatakan, membawa negaranya ke Piala Dunia menjadi hal terbaik dalam hidupnya. Pemain Tottenham Hotspur itu mencetak hat-trick di pertandingan leg kedua babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Irlandia.

Dalam pertandingan yang berakhir 5-1 tersebut, Eriksen membuktikan dirinya sebagai pemain andalan Denmark.

"Rasanya sangat luar biasa setelah lama berjuang bisa sampai ke sini. Tidak sering saya mencetak hat-trick. Mencetak tiga gol membawa negara saya ke Piala Dunia akan menjadi hal terbaik dan tak terlupakan dalam hidup saya," kata Eriksen seperti dilansir dari BBC, Rabu (15/11).

Pelatih Denmark Age Hareide mengatakan, kesabaran para pemain setelah kesulitan menghadapi Irlandia yang pertahanannya sangat kuat menjadi kunci kemenangan timnya. Hariede mengatakan, timnya tidak tertekan menghadapi laga penentu ini.

"Irlandia membuatnya lebih mudah buat kami dan Eriksen bermain dengan brilian, jadi saya hanya ingin katakan 'terima kasih kepada Irlandia'  yang telah memberi ruang karena mereka mengunci kami di leg pertama," kata Hariede.

Pelatih Irlandia Martin O'Niell mengakui kekalahan ini. O'Niell juga mengatakan Denmark pantas memenangkan laga. Kebobolan dua gol dalam rentang waktu tiga menit menghancur mental pemain-pemain Irlandia. "Kami harus mengejar dan Denmark mengambil keuntungan. Mereka pantas atas kemenangan ini," kata dia.

Dengan kekalahan ini, maka Irlandia harus memupuskan harapan untuk bisa kembali ke Piala Dunia setelah 15 tahun absen. O'Niell mengatakan, ia berencana untuk berbicara dengan Federasi Sepak Bola Irlandia untuk memutuskan masa depannya.