Rabu , 15 November 2017, 08:14 WIB

Southgate Bangga Inggris Bisa Tahan Imbang Brasil

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Gareth Southgate
Gareth Southgate

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Inggris Gareth Southgate yakin timnya sudah memiliki bentuk dasar gaya bermain sendiri. Hal ini ia katakan setelah berhasil menahan imbang Brasil 0-0 di Stadion Wembley dalam pertandingan persahabatan, Selasa (14/11).

Menurut Southgate timnya sudah memiliki fondasi yang kuat untuk menghadapi Piala Dunia setelah menahan dua tim terbaik di dunia. Sebelumnya Inggris juga berhasil menahan imbang Jerman pada Sabtu (11/11) lalu.

"Kami memegang rekor pertahanan terbaik selama kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, sekarang kami bermain dengan dua tim terbaik di dunia dan tanpa kebobolan," kata Southgate, seperti dilansir dari Fourfourtwo, Rabu (15/11).

Inggris hampir memenangkan pertandingan ini. Tapi Dominic Solanke menyianyiakan kesempatan mencetak gol pada menit 89. Ia mendapatkan umpan silang di dalam kotak penalti. Tapi tendangannya ditahan oleh kiper Brasil Alisson.

"Kami tahu kami harus bermain lebih baik dari pada malam ini. Saya kira kami sedikit merisaukan hal ini tapi bahkan ketika Anda mencobanya, Anda memiliki setengah kesempatan di akhir pertandingan yang bisa membuat Anda menang. Itu bentuk dasarnya," kata Southgate.

Southgate kehilangan banyak pemain reguler karena cedera. Kini ia juga harus kehilangan Rube Loftus-Cheek yang cedera punggung di babak pertama pertandingan ini.

Tapi Southgate tetap bangga dengan timnya. Ia bangga karena bisa menaham imbang Brasil yang turun dengan kekuatan penuh. "Pemain muda terus mencoba, kami hanya tidak bermain sebaik malam sebelumnya. Malam sebelumnya kami menunjukan kualitas yang sangat bagus dan pertahanan yang baik," kata dia.