Rabu , 15 November 2017, 10:50 WIB

Pelatih Jerman Sedih Italia tak Lolos Piala Dunia 2018

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
AP Photo/Petr David Josek
Joachim Loew
Joachim Loew

REPUBLIKA.CO.ID,  COLOGNE -- Pelatih timnas Jerman Joachim Loew ikut sedih dengan kegagalan timnas Italia lolos ke Piala Dunia 2018. Loew mengatakan, pesaing Italia di fase play-off Swedia, memang bermain sangat baik.

Menurut Loew, tim besutan Janne Andersson itu mampu bertahan dari gempuran Italia yang sedang mengejar ketinggalan agregat 0-1. Untuk itu, Loew mengucapkan selamat karena Swedia memang layak.

"Hanya saja saya sedih karena Italia tak lolos. Agak menyedihkan karena turnamen sebesar Piala Dunia tidak ada Italia," kata Loew dikutip dari Sky Sports, Rabu (15/11).

Loew mengatakan, Italia bersama tim-tim seperti Jerman, Prancis, Brasil, dan Argentina punya sejarah besar di Piala Dunia. Karena itu, Loew merasa aneh jika tak ada Italia di Piala Dunia.

"Hasil sudah tidak bisa diubah, Italia sepertinya harus segera memulai era baru karena para pemain lama sudah menua," kata Loew.

Kegagalan lolos ke Piala Dunia menjadi pil pahit bagi Italia. Untuk pertama kalinya dalam 60 tahun, Italia tak lolos ke pesta sepak bola terbesar di planet ini. Sepanjang sejarah, peraih empat gelar Piala Dunia itu hanya dua kali tidak ikut serta yakni pada edisi pertama 1930 dan pada 1958.