Rabu , 15 November 2017, 15:08 WIB

Ini Para Bintang Sepak Bola yang Absen di Piala Dunia 2018

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
EPA-EFE/DANIEL DAL ZENNARO
Gianluigi Buffon
Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Sejumlah nama beken di lapangan hijau dipastikan hanya menjadi penonton pada gelaran Piala Dunia 2018. Sebab, negara yang mereka bela gagal lolos ke putaran final di Rusia tahun depan.

Para bintang Belanda gagal menunjukkan keterampilan mereka lantaran cuma finis di peringkat tiga saat kualifikasi Grup A. De Oranje tersingkir karena kalah produktivitas dari Swedia meski menang 2-0 pada laga penutup. Padahal, awalnya Arjen Robben dan kolega dijagokan bisa mentas ke Rusia secara langsung, tetapi yang terjadi malah sebaliknya.

Maka keinginan menyaksikan liukan Arjen Robben, Stefan de Vrij, Memphis Depay, Wesley Sneijder, dan Kevin Strootman tahun depan harus disimpan. Sebab, mereka juga hanya menjadi penonton.

Nasib Italia tidak kalah tragis, Gli Azzurri yang mengakhiri babak Grup G di urutan kedua mengharuskan mereka melewati babak play-off melawan Swedia agar bisa meraih tiket berlaga di Rusia.

Sialnya, tim asuhan Gian Piero Ventura itu malah disingkirkan Swedia akibat kalah agregat 0-1. Semua ini karena Italia bermain imbang 0-0 pada leg kedua di Stadion San Siro setelah kalah 0-1 ada leg pertama. 

Alhasil banyak publik tak bisa menikmati ketangguhan Trio BBC (Barzagli, Bonucci, Chiellini) di lini belakang Azzurri. Kehebatan dan kharisma Gianlugi Buffon pun hilang dari layar kaca.

Selain dari Italia dan Belanda, sejumlah nama tenar lapangan hijau juga tak dapat kita saksikan aksinya tahun depan di Piala Dunia. Berikut sederet bintang sepak bola yang absen di Piala Dunia 2018 :

Arjen Robben (Belanda)

Gianluigi Buffon (Italia)

Alexis Sanchez (Cile)

Gareth Bale (Wales)

Riyad Mahrez (Aljazair)

Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon)

Edin Dzeko (Bosnia Herzegovina)

Clint Dempsey (Amerika Serikat)

Marek Hamsik (Slovakia)