Jumat , 01 December 2017, 21:46 WIB

Legenda Kiper Inggris: Joe Hart Sudah tidak Layak

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
EPA-EFE/NEIL HALL
Joe Hart
Joe Hart

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan kiper timnas Inggris ketika menjuarai Piala Dunia 1966, Gordon Banks menilai Joe Hart sudah tak layak jadi penjaga gawang tim Tiga Singa. Banks mengatakan, Hart bukan kiper yang dibutuhkan oleh Inggris.

Menurut sosok yang kini sudah berusia 79 tahun tersebut, banyak kesalahan yang sudah dilakukan oleh Hart baik di level klub maupun timnas. "Saya tak melihat Hart punya kualitas dalam menjaga gawang. Malah sering kali ia melakukan kesalahan fatal. Untungnya dia beberapa kali selamat karena lawan tak mencetak gol atas kesalahannya," kata Banks dikutip dari ESPN, Jumat (1/12).

Banks kemudian menunjuk satu nama yang layak untuk menggantikan Hart. Menurut peraih titel kiper terbaik dunia versi FIFA secara beruntun dari tahun 1966 sampai 1971 ini, penjaga gawang Stoke City Jack Butland layak untuk menggantikan posisi Hart di bawah mistar gawang timnas Inggris.

Banks beharap, Butland akan mendapatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan tempat di Piala Dunia 2018. "Butland seharusnya mendapatkan kesempatan. Di depan ada dua laga persahabatan, Butland bisa diuji," kata Banks.

Butland tak pernah jadi pilihan utama di timnas Inggris. Ada dua laga uji coba melawan Belanda dan Italia yang bisa jadi kesempatan untuk Butland agar mendapatkan menit bermain.