Sabtu , 02 December 2017, 10:33 WIB

Bersama Swiss dan Serbia, Pelatih Brasil: Grup E tak Ringan

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Budi Raharjo
AP/Pavel Golovkin
Undian grup penyisihan Piala Dunia 2018 digelar di Istana Kremlin, Rusia, Jumat (1/12) malam WIB.
Undian grup penyisihan Piala Dunia 2018 digelar di Istana Kremlin, Rusia, Jumat (1/12) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKOW -- Pelatih timnas Brasil Tite tak sepakat jika ada yang menyebut Grup E Piala Dunia 2018 merupakan grup ringan untuk timnya. Tite mengatakan, Grup E yang dihuni Swiss, Kosta Rika, dan Serbia jelas punya kualitas.

Jika tak memiliki kualitas, maka tak mungkin ketiga tim tersebut bisa berada di Rusia untuk mengikuti Piala Dunia tahun depan. Tite bahkan mengatakan, Brasil akan menganggap ketiga tim tersebut layaknya sekelas Inggris dan Spanyol.

"Kami favorit, tapi ketiga penghuni Grup E lainnya juga kuat. Kami akan bersiap seperti akan melawan Inggris dan Spanyol," kata Tite dikutip dari ESPN, Sabtu (2/12).

Pelatih bernama asli Adenor Leonardo Bacchi ini mengatakan, status Brasil yang merupakan pemuncak klasemen kualifikasi Piala Dunia CONMEBOL tidaklah berarti. Meski melaju mulus dengan membuat jarak hingga 10 angka dengan penghuni posisi kedua, Tite menyebut timnya masih perlu banyak peningkatan permainan.

"Masih banyak ruang yang harus dibenahi. Dari segi taktik dan ketahanan mental, kami masih harus memperbaiki banyak hal," kata Tite.

Brasil akan melawan Swiss di pertandingan pertama Grup E 17 Juni 2018 mendatang. Setelah itu, tim Samba akan melawan Kosta Rika tanggal 22 dan terakhir kontra Serbia lima hari kemudian.