Jumat , 08 December 2017, 06:00 WIB

Jika Gagal di Piala Dunia, Messi: Kami Semua Pensiun

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Mardiah.
Lionel Messi Sang Pahlawan Argentina.
Lionel Messi Sang Pahlawan Argentina.

REPUBLIKA.CO.ID,  BARCELONA -- Megabintang timnas Argentina Lionel Messi mengklaim dirinya dan juga rekan setim bakal pensiun dari Albiceleste jika gagal di Piala Dunia 2018 Rusia. Argentina belum memenangkan gelar internasional sejak Copa America 1993.

Messi, pemenang lima Ballon d`Or, mendapat kritik karena gagal membawa Argentina mengakhiri puasa gelar meskipun ia tampil gemilang bersama klubnya, Barcelona.

"Orang-orang menanti kelompok ini pergi karena belum menang untuk waktu yang lama dan mereka yang mengkritik bosan selalu melihat wajah yang sama. Saya pikir ini kesempatan terakhir bagi kelompok ini. Ada banyak antusiasme. Jika kami melakukan yang buruk, seluruh tim nasional harus lenyap. Akan sangat sulit bagi siapa pun untuk melanjutkan karena kami sudah berada di sini selama beberapa tahun," kata Messi kepada Tyc Sports disadur Football Espana, Kamis (7/12).

Messi, yang telah memenangkan delapan gelar La Liga dan empat Liga Champions bersama Barcelona, tidak memikirkan kegagalannya terdahulu. Meskipun dia merasa rekan-rekannya pantas menang pada rintangan terakhir setidaknya dua kali.

"Saya tidak pernah lolos ke final sebelumnya, yang saya punya adalah kenangan. Kami layak memenangkannya karena, tanpa bermain bagus, kami memiliki peluang juara yang paling jelas, baik di Piala Dunia maupun Copa America," lanjut Messi.

Argentina tergabung di Grup D bersama Islandia, Nigeria, dan Kroasia di Piala Dunia tahun depan. Messi menilai peningkatan yang lebih besar dibutuhkan dengan cepat jika ingin menghadapi tantangan di Rusia.

"Kami harus memperbaiki jika bercita-cita menjadi juara dunia. Hari ini kami sedikit jauh dari menjadi juara, tapi ada saatnya kami mempersiapkannya. Brasil sangat bagus, Spanyol memiliki pemain hebat, Jerman kuat, Prancis memiliki tim yang bagus. Dan hari ini mereka semua berada pada level yang lebih tinggi dari kami."

Sebelumnya, pesepak bola 30 tahun itu pensiun dari tugas internasional setelah kalah dalam final Copa America Centenario melawan Cile pada 2016, tim yang sama yang juga menggagalkan kesempatan juara pada tahun sebelumnya.

Messi dibujuk kembali bergabung dan menghasilkan hattrick melawan Ekuador untuk memastikan Argentina lolos ke putaran final Piala Dunia di Rusia dengan memenangkan pertandingan di kualifikasi terakhir.