Jumat , 08 December 2017, 08:33 WIB

Raih Ballon d’Or Kelima, CR7: Ini Momen Fantastis

Red: Ratna Puspita
EPA-EFE/FAUGERE FRANCK
Bintang Portugal Cristiano Ronaldo meraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia Ballon d'Or untuk kelima kalinya pada Kamis (7/12) waktu setempat.
Bintang Portugal Cristiano Ronaldo meraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia Ballon d'Or untuk kelima kalinya pada Kamis (7/12) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Bintang Portugal Cristiano Ronaldo meraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia Ballon d'Or untuk kelima kalinya pada Kamis (7/12) waktu setempat. Ini menyamai catatan rival abadinya yang merupakan penyerang Barcelona Lionel Messi sebagai pemain yang paling banyak mengoleksi gelar prestisius ini.

Penyerang Real Madrid itu mendapatkan penghargaan, yang diberikan oleh majalah France Football, untuk tahun kedua secara beruntun setelah ia memimpin timnya memenangi gelar Liga Spanyol dengan 25 gol. Ia juga mengantar Madrid meraih mahkota Liga Champions secara beruntun, mengemas 12 gol termasuk dua gol saat mereka menang 4-1 atas Juventus di laga final.

Ronaldo mendapatkan trofi ini pada upacara penganugerahan yang glamor di Menara Eiffel di Ibu Kota Prancis, yang diberikan oleh mantan pemain Prancis David Ginola. "Saya merasa sangat gembira, ini merupakan momen fantastis dalam karier saya," kata Ronaldo setelah mendapatkan penghargaan, didampingi oleh ibunya Maria Dolores dan putra tertuanya Cristiano Jr.

Ronaldo mengaku telah menunggu cukup lama untuk meraih penghargaan ini. “Ini merupakan tahun yang menakjubkan bagi saya, kami memenangi Liga Champions dan Liga Spanyol dan pada level personel saya merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Champions,” kata dia. 

Dia menambahkan raihan trofi-trofi bersama klub dan timnas Portugal membantunya memenangi penghargaan individual seperti Ballon d’Or. “Saya harus berterima kasih kepada rekan-rekan setim saya di Madrid dan Portugal. Mereka sangat penting bagi saya,” ujar dia. 

Messi menduduki peringkat kedua, sedangkan penyerang Paris St Germain (PSG) Neymar Jr, pemain termahal di dunia, berada di peringkat ketiga; kiper veteran Italia Gianluigi Buffon menghuni peringkat keempat, dan gelandang Real Luka Modric di peringkat kelima.

Gelandang Chelsea dan Prancis N'Golo Kante merupakan pemain Liga Inggris dengan peringkat tertinggi, berada di urutan kedelapan. Penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane, yang menghuni peringkat kesepuluh, merupakan satu-satunya pemain Inggris yang menembus sepuluh besar.

Ronaldo, yang tahun ini juga membantu timnasnya lolos ke Piala Dunia di Rusia tahun depan, memenangi Ballon d'Or pertamanya pada 2008 saat masih membela Manchester United. Dia kembali memenanginya pada 2013, 2014, dan 2016.

Pria 32 tahun ini pada bulan lalu terpilih sebagai Pesepak bola Pria Terbaik FIFA pada upacara penghargaan badan sepak bola dunia tersebut. Presiden Real Madrid Florentino Perez bergabung dengan Ronaldo di panggung dan memberi penghormatan kepada pria Portugal itu, yang disebutnya sebagai pemain terbaik sepanjang masa bersama almarhum legenda Real Alfredo di Stefano.

"Ballon d'Or kelima ini merupakan suatu kehormatan besar dan pencapaian hebat untuk klub dan para penggemar Real di seluruh dunia. Cristiano adalah pemain terbaik dunia sepanjang sejarah bersama dengan Di Stefano, ia adalah pewarisnya."

Ballon d'Or pertama kali dianugerahkan pada 1956 dan bermitra dengan FIFA dari 2010 sampai 2015, sampai kemudian kembali memisahkan diri.

 

 

Sumber : Antara/Reuters