Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

FIFA Sediakan Dua Tablet untuk Tim Pelatih di Piala Dunia

Kamis 17 Mei 2018 08:00 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Endro Yuwanto

Logo Piala Dunia Rusia 2018

Logo Piala Dunia Rusia 2018

Foto: FIFA.com
Pelatih di sisi lapangan bisa menganalisa statistik pemain sekaligus jalannya laga.

REPUBLIKA.CO.ID, SWISS -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memperkenalkan pendekatan teknologi baru untuk Piala Dunia bagi tim pelatih selama pertandingan. FIFA menyediakan tablet statistik pemain yang bisa digunakan pelatih maupun staf tim untuk mengetahui berbagai informasi, mulai dari metrik pemain, data posisi real time, hingga rekaman video.

Seperti dilansir AS, Kamis (17/5), sebelumnya reka ulang jalannya laga bisa dilihat melalui asisten wasit video (VAR). Alat ini pun menjadi penyempurna VAR yang selama ini menjadi acuan.

Kini, pelatih di pinggir lapangan bisa menganalisa statistik para pemain sekaligus jalannya pertandingan hanya melalui sentuhan tablet. Sebanyak 32 negara yang ikut serta di putaran final Piala Dunia, masing-masing diberikan fasilitas mengoperasikan dua tablet.

Satu tablet untuk menganalisa permainan dan satu lagi untuk berkomunikasi dengan pengguna perangkat serupa di bangku cadangan. Informasi yang diberikan oleh sistem baru ini dimaksudkan agar para pelatih bisa mengetahui sendiri segala hal tentang informasi jalannya laga serta meminimalisasi debat pascapertandingan.

Implementasi alat analisis ini juga telah disetujui oleh Badan Pengurus Asosiasi Sepak Bola Internasional, mengikuti langkah terpadu FIFA soal penyempurnaan sistem VAR. Setelah meratifikasi penggunaan VAR, FIFA diminta untuk menyempurnakan teknologi di Piala Dunia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES